Polisi Angkat Bicara soal Peluang Firli Bahuri Jadi Tersangka Kasus Dugaan Pemerasan

Firli Bahuri Terseret Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo
Sumber :
  • VIVA.co.id

JakartaPolda Metro Jaya masih mengusut kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Jokowi Bocorkan Kriteria Pansel Capim KPK

Meski begitu, pihak Polda Metro Jaya belum mau berbicara soal sosok tersangka termasuk Ketua KPK, Firli Bahuri yang disebut-sebut terlibat dalam pemerasan tersebut. 

"Kita tidak boleh berandai-andai (soal peluang Firli Bahuri tersangka) ya rekan-rekan nanti ada mekanisme minimal dua alat bukti yang sah," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, pada Sabtu, 28 Oktober 2023. 

Nurul Ghufron Kasih Kode Bakal Maju Lagi di Seleksi Capim KPK Tahun 2024

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Photo :
  • VIVA/ Fajar Sodik.

Ade hanya memastikan jika penyidikan yang dilakukan pihaknya saat ini akan berjalan dengan profesional. 

Pengakuan Pelaku Membunuh Paman dan Jasadnya Dibungkus Sarung

"Ini kita tunggu sama sama. Kita jamin penyidikan yang kita lakukan berjalan profesional, transparan," ujarnya. 

Sejauh ini, pihak kepolisian sudah memeriksa sejumlah saksi dalam kasus tersebut. Total, sudah ada 55 saksi yang diperiksa. 

Saksi yang sudah diperiksa di antaranya SYL, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, ajudan Ketua KPK, pejabat eselon I Kementerian Pertanian beserta pejabat dan lain-lain. Lalu, dua eks Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan M. Jasin dengan kapasitas sebagai saki ahli. 

Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) ditahan usai jalani pemeriksaan KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kemudian, pihak kepolisian juga memeriksa pegawai KPK yakni Direktur Pelayanan, Pelaporan, dan Pengaduan Masyarakat KPK, Tomi Murtomo. 

Di sisi lain, pihak kepolisian juga sudah memeriksa sejumlah ahli mulai dari ahli pidana hingga ahli mikro ekspresi untuk membuat terang kasus tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya