Jenderal Agus Subiyanto, Calon Tunggal Panglima TNI Baru 5 Hari Menyandang Bintang Empat

Presiden Jokowi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai KSAD
Sumber :
  • Setkab

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan surat presiden (surpres) tentang usulan calon Panglima TNI pengganti Laksamana TNI Yudo Margono ke DPR RI pada Senin, 30 Oktober 2023. Diketahui, Laksamana Yudo akan segera purna tugas atau pensiun dari kedinasan TNI pada 26 November 2023 mendatang. 

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid membenarkan Presiden Jokowi telah mengirimkan satu nama calon tunggal Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo ke DPR. 

"Nama nanti yang sampaikan Ibu Ketua DPR, tetapi yang pasti calon tunggal, karena sesuai undang-undang memang Presiden mengirim (usulan) calon tunggal," kata Meutya Hafid di Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Menurut Meutya, Komisi I DPR RI pada Selasa, 31 Oktober 2023, akan menggelar rapat internal untuk membahas waktu uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon tunggal Panglima TNI itu.

Pelantikan KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto

Photo :
  • tniad.mil.id
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar, Dave Laksono mengkonfirmasi nama calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan Presiden Jokowi ke DPR RI.

Dalam suratnya, Presiden Jokowi ternyata menunjuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto menjadi calon tunggal untuk menggantikan Yudo.

"Yes (calon tunggal), Jenderal Agus adalah pilihan yang paling tepat untuk mengisi jabatan tersebut," kata Dave saat dikonfirmasi awak media, Senin, 30 Oktober 2023. 

Dave meyakini, Jenderal Agus dapat melanjutkan reformasi di internal TNI termasuk menjaga keutuhan negara. Meskipun, baru beberapa hari yang lalu, Agus diangkat dan dilantik menjadi KSAD TNI. 

"Pengalaman dan sikap beliau menunjukan sosok yang terbaik untuk menjabat sebagai panglima yang berikutnya. Kami yakin beliau dapat akan terus melanjutkan reformasi dalam tubuh TNI serta terus meningkatkan profesionalitas dalam tubuh TNI," imbuhnya.

Calon Kuat

VIVA Militer: Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto temui Satgas Mobile Papua

Photo :
  • Dispenad

Nama KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto santer menjadi calon kuat Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. Jenderal Agus merupakan perwira TNI yang berada di lingkaran dekat Jokowi sejak dia masih menjadi Wali Kota Surakarta sampai akhirnya menjabat Presiden RI.

Jenderal yang berasal dari Satuan Kopassus itu pernah menjabat Dandim 0735/Surakarta (2009–2011), dan menjabat Komandan Paspampres di era Presiden Jokowi (2020-2021).

Agus Subiyanto resmi dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf TNI AD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada Rabu, 25 Oktober 2023. Kemudian, upacara serah terima jabatan KSAD dilaksanakan pada Jumat, 27 Oktober 2023 di Mabes TNI AD.

Terkait ketentuan calon Panglima TNI, Pasal 13 UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengatur syaratnya adalah perwira tinggi aktif dari tiap-tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai kepala staf angkatan.

Merujuk pada aturan itu, berarti ada tiga kandidat pengganti Laksamana Yudo Margono, yakni Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Jika benar, Jenderal Agus Subiyanto akhirnya diusulkan sebagai calon tunggal Panglima TNI dan akhirnya terpilih, maka Agus Subiyanto akan tercatat sebagai Kepala Staf TNI AD tersingkat sepanjang sejarah, dengan masa tugas tidak sampai 1 bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya