Prabowo-Gibran Dinilai Berpotensi Tarik Suara Ganjar-Mahfud di Jateng, Ini Analisa Pengamat

Tes Kesehatan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinilai berpotensi merebut suara pemilih PDIP dan bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Jawa Tengah (Jateng).

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Hal itu dikemukakan Direktur Political Public and Policy Studies, Jerry Massie. “Pemilih PDIP akan ambrol dan ambyar di Jateng, daerah basis banteng yang fanatik. Prabowo-Gibran pasti merebut suara Ganjar-Mahfud,” kata Jerry dalam keterangannya, Sabtu, 4 November 2023.

Jerry mengatakan, faktor utamanya lantaran Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan dari pendukung garis keras Jokowi yang ada di Jawa Tengah. Ditambah dengan dukungan milenial dan generasi Z, Prabowo-Gibran diyakini bisa mendominasi raihan suara di Jawa Tengah.

Soal Urusan Ini Ganjar Pranowo Sejalan dengan Moeldoko

Pendaftaran Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Jerry, Prabowo saat ini banyak mendapatkan dukungan dan simpati dari para pemilih muda. Prabowo yang banyak mengubah citranya menjadi lebih santun dan ‘gemoy’  membuat keterpilihannya di pemilih muda terus meningkat. 

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Dia menekankan, jika bisa memanfaatkan keuntungan itu dengan baik, bukan tidak mungkin, Prabowo-Gibran bisa merebut kemenangan di Pilpres 2024.

“Nah, kunci kemenangan Prabowo memang selain kaum gen Z dan milenial akan datang dari pemilih tradisional dan pendukung garis keras Jokowi,” kata Jerry.

Bila dilihat berdasarkan data Indikator Politik Indonesia periode 16-20 Oktober 2023, Prabowo-Gibran mayoritas mendapatkan banyak dukungan dari generasi Z dan milenial. Dalam survei tersebut, Prabowo-Gibran berhasil unggul dari elektabilitas Ganjar-Mahfud MD dan bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Prabowo-Gibran meraup dukungan tertinggi dari generasi Z atau yang berusia kurang dari 26 tahun dengan total suara mencapai 37,8 persen, diikuti Ganjar-Mahfud MD dengan 32,7 persen dan Anies-Muhaimin dengan 24,5 persen. 

Pada klaster generasi milenial atau yang berusia 27-42 tahun, Prabowo-Gibran mengantongi dukungan sebesar 37,1 persen, diikuti Ganjar-Mahfud MD di posisi kedua dengan 31,5 persen dan Anies-Muhaimin dengan 25,6 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya