Pimpin Delegasi ke Smart City Expo 2023, Dirjen Bina Adwil Tampilkan Potensi Indonesia

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA.
Sumber :
  • Kemendagri

Jakarta –Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah (Dirjen Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  Safrizal ZA memimpin delegasi RI mengikuti Smart City Expo World Congress  (SCEWC) 2023 di Barcelona, Spanyol.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

“Kemendagri mengemban tanggung jawab  untuk merumuskan kebijakan dan  pembinaan dalam  pengembangan kota pintar di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan peran Dirjen Bina Adwil sebagai National Representative Indonesia untuk ASEAN Smart City Network,” kata Safrizal dalam keterangan tertulis, Jumat, 10 November 2023.

Acara yang dihelat sejak 6-9 November ini menampilkan kegiatan kongres  dunia dan pameran kota  cerdas yang diikuti oleh lebih dari 100 negara.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Dari Indonesia,  Safrizal memimpin peserta dari pengurus  Asosiasi  Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Kementerian Kesehatan,  kepala daerah dan perwakilan kepala dinas dari Kabupaten Sumedang, Kabupaten Pulau Taliabu, Kota Makassar dan peninjau dari Kota  Solok, Kota Semarang dan Kota Probolinggo.

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA.

Photo :
  • Kemendagri
Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Safrizal yang pada tahun 2023 ini juga Chairman ASCN sejalan dengan keketuaan Indonesia di ASEAN, menyatakan bahwa Indonesia bersama seluruh negara anggota ASEAN berkomitmen menciptakan ekosistem dan tata kelola kota pintar. 

"Untuk itu, keikutsertaan Indonesia dalam perhelatan Smart City Expo World Congress 2023 di Barcelona Spanyol terutama sekali dapat memperluas peluang investasi digital teknologi bagi pengembangan kota cerdas di Indonesia, berbanding lurus secara strategis memperkuat peran Indonesia di ASEAN," ujar Safrizal.

SCEWC  ini sendiri merupakan forum dan expo smart city terbesar di dunia yang dibentuk pada tahun 2011.

"Untuk pertama kalinya sejak keikutsertaan delegasi Indonesia pada forum dan expo ini di tahun 2019, pada tahun 2023 ini berhasil terwujud Indonesia Pavillion sebagai hasil kolaborasi antara Kemendagri, Kemkes, APEKSI, Pemko Makasar, Pemkab Sumedang dan Asech," kata Safrizal.

Dengan berpartisipasi Indonesia dalam acara ini melalui Indonesia Pavillion maka dapat ditampilkan potensi Indonesia yang sangat besar dan unik di bidang digital teknologi maupun ekosistem kota cerdas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya