Ribuan Orang Aksi Bela Palestina di Surabaya, Galang Donasi hingga Berbagi Semangka

Ribuan orang mengikuti aksi bela Palestina di Surabaya
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Surabaya – Ribuan orang dari berbagai daerah di Jawa Timur menggelar aksi bela Palestina di jalan depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu, 12 November 2023. Selain berorasi, di sana mereka menggalang donasi, berbagi semangka, hingga aksi teatrikal.

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Secara bertahap, para peserta aksi yang memakai busana serba putih datang ke lokasi aksi sejak Minggu pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Mereka yang beraksi berasal dari puluhan komunitas dan organisasi masyarakat. Mereka tak hanya datang dari Surabaya Raya, tapi ada juga dari daerah lain.

Kebanyakan dari peserta aksi membawa bendera Palestina. Sebagian yang lain membawa poster kecaman terhadap Israel dan pembelaaan terhadap rakyat Palestina. "Free, free, Palestina," teriak orator aksi.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ikut aksi bela Palestina di Surabaya

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Di lokasi, mereka juga menggalang donasi yang hasilnya akan disalurkan kepada rakyat Palestina yang kini tengah dijajah Israel. Mereka juga membagi-bagikan potongan buah semangka sebagai simbol perlawanan atas aksi penjajahan militer yang dilancarkan Israel terhadap Palestina.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Risgianto, relawan dari Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) mengatakan, bagi-bagi semangka merupakan simbol perlawanan Palestina terhadap Israel. Kombinasi warna semangka sama dengan warna bendera Palestina. "Kebetulan saat ini lagi musim semangka di Palestina," katanya.

Di bagian lain, ada aksi teatrikal yang dimainkan oleh sebagian peserta aksi dari SMP Muhammadiyah. Teatrikal itu menggambarkan kesedihan seorang ibu di Palestina yang melihat mayat anaknya bersimbah darah setelah dibom oleh militer Israel.

Ribuan orang mengikuti aksi bela Palestina di Surabaya dan bagi-bagi semangka

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

"Sedih banget, saya sampai nangis beneran," kata Okta, siswi SMP Muhammadiyah yang berperan sebagai ibu di aksi teatrikal tersebut.

Beberapa jam kemudian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa keluar dari Gedung Negara Grahadi berbaur dengan peserta aksi. Ia juga berbusana serba putih. Khofifah mengawali orasinya dengan melantunkan Shalawat Asyghil dan mengajak semua hadirin bershalawat bersama.

"Hari ini kita menguatkan komitmen bahwa kita semua berdiri di sini memberikan doa dan dukungan atas kemerdekaan bagi Palestina," kata Khofifah.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya