Identitas 4 Prajurit TNI Meninggal Dunia dalam Insiden Pesawat Super Tucano Jatuh di Pasuruan 

VIVA Militer: Pesawat Super Tucano milik TNI AU jatuh
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Malang - TNI Angkatan Udara mengumumkan bahwa 4 prajurit penerbang pesawat Super Tucano ditemukan meninggal dunia di lokasi dua pesawat latih itu jatuh di daerah Watugede, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis, 16 November 2023. 

Viral Video Pengalaman Tinggal Dekat Lanud, Netizen: Serasa Lagi Perang

Dua pesawat yang jatuh itu sebenarnya merupakan bagian dari empat pesawat Super Tucano yang sedang menjalankan latihan profisensi formasi rutin. Namun, dua di antaranya, yaitu pesawat dengan nomor ekor TT-3111 dan TT-3103, hilang kontak tak lama setelah melaporkan cuaca kurang baik. Kedua pesawat kemudian ditemukan jatuh di kawasan Watugede, Pasuruan.

Pesawat Boeing 737 Terbakar di Senegal, 10 Orang Luka-luka

Berikut ini identitas keempat prajurit TNI yang meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat itu:

Pesawat dengan nomor ekor TT-3111

Sagil Siswa SD di Jambi yang Miliki Tinggi 2 Meter Bercita-cita Ingin Jadi Anggota TNI

- Letkol Pnb Sandhra Gunawan, penerbang, duduk di depan;
- Kolonel Adm Widiono, duduk di belakang

Pesawat dengan nomor ekor TT-3103

- Mayor Pnb Yuda A. Seta, penerbang, duduk di depan;
- Kolonel Pnb Subhan, duduk di belakang.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati

Photo :
  • VIVA/Uki Rama

"Beberapa jam terakhir Letkol Pnb Sandhra Gunawan sudah ditemukan dan dalam evakuasi ke Lanud Abdul Rachman Saleh,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati kepada wartawan di Malang, Kamis petang.

Saat ini seluruh jenazah sedang proses evakuasi untuk dibawa ke Lanud Abdul Rachman Saleh. Setibanya di Lanud Abdul Rachman Saleh jenazah akan dilakukan pemeriksaan lalu dilanjutkan proses persemayaman secara militer. Besok diselenggarakan upacara pelepasan jenazah secara militer. 

Agung mengatakan bahwa empat pesawat Super Tucano ini sedang menjalankan latihan profisensi formasi rutin. "Pesawat ini sedang menjalankan latihan profisensi formasi. Sudah dibuat rencananya, yaitu rute melalui training area A bravo dan kembali ke Abdul Rachman Saleh. Sesaat setelah cuaca kurang baik pesawat saling melepas diri saat itulah terjadi kehilangan kontak pesawat," ujarnya. 

"Dua pesawat yang lain berhasil naik dan selamat mendarat. Dua lainnya tak bisa dihubungi. Dapat laporan dari aparat teritorial diketahui ada pesawat yang jatuh di area Pasuruan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya