AHY Ucapkan Belasungkawa Atas Jatuhnya Pesawat Tempur TNI di Pasuruan

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan rasa belasungkawa dan duka cita yang mendalam atas musibah jatuhnya pesawat tempur milik TNI AU di Pasuruan, Jawa Timur pada Kamis, 16 November 2023.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Sebagai keluarga besar TNI, kata AHY, dirinya mengaku turut merasakan duka cita yang mendalam atas peristiwa tersebut.

"Sebagai keluarga besar TNI, saya turut merasakan duka yang mendalam atas peristiwa jatuhnya pesawat tempur TNI AU yang jatuh di Jawa Timur hari ini, saat proses latihan," kata AHY dalam keterangannya, Kamis, 16 November 2023.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Pesawat TNI Jatuh di lereng Gunung Bromo Pasuruan, Jawa Timur

Photo :
  • Dok Pemkab Pasuruan

Ia pun turut mendoakan agar para korban pesawat yang jatuh tersebut. Selain itu pula, AHY juga berharap agar proses evakuasi para korban dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

"Semoga para korban yang gugur dapat diterima di sisi-Nya dan proses evakuasi dapat berjalan dengan lancar," kata dia.

Sebagai informasi, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI R. Agung Sasongkojati menjelaskan kronologis dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano milik TNI Angkatan Udara (TNI AU) yang mengalami insiden kecelakaan di Watugede, Pasuruan, pada Kamis, 16 November 2023. 

"Pesawat ini berasal dari Skadron Lanud Abdul Rachman Saleh yang tadi siang mengalami lost contact setelah take off terbang 10.51 WIB dan lost contact 11.18 WIB," kata Agung Kamis petang. 

Penerbangan ini terdiri dari empat pesawat . Sementara yang hilang dua, yaitu pesawat TT-3111 dan TT-3103. Untuk pesawat dengan nomor ekor TT-3111 diawaki pilot Letkol Pnb Sandhra “Chevron” Gunawan (Komandan Skadron Udara 21) mengisi kursi depan kemudi (frontseater), dan Kolonel Adm Widiono Hadiwijaya (Kepala Dinas Personel Lanud Abdulrachman Saleh), duduk di belakang (backseater).

Sedangkan untuk pesawat dengan nomor ekor TT-3103 dengan pilot Mayor Pnb Yuda A. Seta duduk di depan dan Kolonel Pnb Subhan (Danwing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh) duduk di belakang.

Agung mengatakan bahwa 4 pesawat Super Tucano ini sedang menjalankan latihan profisensi formasi rutin. 

"Pesawat ini sedang menjalankan latihan profisensi formasi. Sudah dibuat rencananya yaitu rute melalui training area A bravo dan kembali ke Abd Saleh. Sesaat setelah cuaca kurang baik pesawat saling melepas diri saat itulah terjadi kehilangan kontak pesawat," ujar Agung. 

"2 pesawat yang lain berhasil naik dan selamat mendarat. Dua lainnya tak bisa dihubungi. Dapat laporan dari aparat teritorial diketahui ada pesawat yang jatuh di area Pasuruan," tambahnya. 

Agung juga menyebut 4 prajurit penerbang Super Tucano ditemukan meninggal dunia di lokasi pesawat jatuh di daerah Watugede, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. "Beberapa jam terakhir Letkol Pnb Sandhra Gunawan sudah ditemukan dan dalam evakuasi ke Lanud Abdul Rachman Saleh,” kata Agung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya