Tekad Sumsel Zero Konflik, Pj Gubernur Fatoni: Masyarakat Tenang, Pemerintahnya Bisa Membangun

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni
Sumber :
  • istimewa

Muara Enim - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyampaikan pentingnya bisa menjaga nilai budaya dan adat di daerah. Bagi Fatoni, hal itu penting agar pembangunan itu tak meninggalkan adat budaya di daerah tersebut.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Demikian disampaikan Agus saat menerima gelar adat ‘Meraje Emban Adat’ oleh warga Kabupaten Muara Enim. Gelar tersebut diberikan langsung oleh Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali dan Ketua Adat Kabupaten Muara Enim H. Burtiham.

Fatoni menyampaikan, pemberian gelar adat sebagai tanggung jawab agar tetap terus bisa jaga nilai-nilai budaya dan adat di Kabupaten Muara Enim. Dia mengaku dengan gelar tersebut juga jadi motivasi untuk berjuang memajukan Kabupaten Muara Enim khususnya dan Provinsi Sumsel pada umumnya.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

"Adat istiadat ini perlu terus kita pelihara, ini penting agar pembangunan itu tidak meninggalkan adat budaya yang ada di daerah kita,” kata Fatoni, dalam keterangannya dikutip pada Selasa, 21 November 2023.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dapat gelar adat ‘Meraje Emban Adat

Photo :
  • istimewa
Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Dia pun menuturkan, kondisi warga Kabupaten Muara Enim sangat kondusif. Maka itu, dia mengajak warga setempat agar bisa tetap mempertahankannya.

“Kita bertekad Sumatera Selatan tetap zero konflik, kita bertekad agar provinsi yang kita cintai ini damai dan penuh toleransi," lanjut Fatoni.

Bagi dia, dengan kondisi itu akan memberikan kondusifitas bagi daerah setempat. Pun, berefek positif terhadap pemerintah yang bisa fokus melakukan pembangunan.

"Dengan situasi yang seperti itu, masyarakatnya akan tenang, pemerintahnya juga bisa membangun," ujarnya.

"Kemudian, akan tercipta kekeluargaan di antara kita yang akan menguatkan kita untuk dapat bersama-sama mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” kata Fatoni.

Fatoni juga menambahkan, Pemerintah Provinsi Sumsel juga dukung penuh lembaga ataupun pemangku adat untuk terus berkiprah bisa mengembangkan adat budaya yang sudah ada.

“Ini harus kita tanamkan kepada generasi muda, anak-anak kita, Kita juga harus tanamkan kecintaan kepada adat istiadat kecintaan kepada daerah kita," tutur Fatoni.

Dalam kesemapatan tersebut, Pj Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumsel Tyas Fatoni juga dapat gelar ‘Ibungan Meraje Emban Adat’

Sementara, Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali mengatakan, pemberian gelar adat kepada Pj Gubernur dan Istri sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Muara Enim ke-77.

“Penganugerahan gelar adat ini sebagai bentuk rasa cinta, bangga dan bahagia. Kami seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim dalam menyambut kehadiran bapak Gubernur," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya