KPK Minta Maaf Soal Firli Bahuri Jadi Tersangka

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menyampaikan permintaan maaf secara resmi atas kasus dugaan pemerasan yang menjerat Ketua KPK, Firli Bahuri

SYL Bayar Gaji Pembantu Rp35 Juta di Makassar Pakai Uang Hasil Memalak Pejabat di Kementan

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron mengatakan, penetapan tersangka terhadap Firli Bahuri menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat. Kasus yang menjerat Firli juga diakuinya mengikis harapan masyarakat kepada KPK untuk memberantas korupsi. 

"Saya sebagai salah satu dari pimpinan turut bertanggung jawab dan karenanya meminta maaf kepada segenap bangsa Indonesia atas peristiwa tersebut yang telah menimbulkan kegaduhan dan hampir mengikis harapan pada KPK untuk menjadi garda pemberantas korupsi," kata Ghufron dalam keterangannya, Jumat, 24 November 2023.

Saksi Sebut SYL Palak Pejabat saat Kunjungan ke Brazil Hingga Amerika Serikat

Ghufron memastikan, lembaganya tetap bekerja memberantas rasuah meski diterpa badai buntut penetapan tersangka Firli Bahuri. Hal ini setidaknya ditunjukkan KPK dengan menangkap 11 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kalimantan Timur. 

"Giat tangkap tangan ini dilakukan di tengah hiruk-pikuk peristiwa yang terjadi di KPK. Hal ini menunjukkan bahwa insan KPK tetap bekerja dan KPK masih terdepan dalam memberantas korupsi seperti biasa dan tidak terganggu dengan hiruk-pikuk yang terjadi pada KPK tersebut," kata Ghufron. 

Eks Anak Buah SYL Sebut Oknum BPK Minta Rp12 Miliar Demi Terbitkan WTP Kementan

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron.

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham.

Penetapan tersangka terhadap Firli dan hiruk pikuk yang terjadi saat ini, lanjut Ghufron, akan menjadi pelajaran dan evaluasi KPK secara internal dan eksternal. KPK berkomitmen berbenah diri dan terbuka menerima saran dan masukan masyarakat. 

"Kami berharap masyarakat tetap mendukung secara konstruktif, jika benar mohon didukung, jika salah mohon dikritik untuk kebaikan, terhadap KPK dalam perjuangan memberantas korupsi. KPK adalah milik rakyat dan negara Indonesia, harapan itu masih ada dan akan terus ada dan membesar jika bersama bergandengan untuk memelihara dan merawat harapan Indonesia adil makmur bebas dari korupsi," ujarnya. 

Dalam OTT di Kalimantan Timur, tim satgas KPK membekuk 11 orang, termasuk penyelenggara negara. Para pihak itu ditangkap lantaran diduga terlibat transaksi suap terkait proyek. 

Namun, belum diketahui secara pasti identitas para pihak yang ditangkap KPK dalam OTT di Kalimantan Timur ini. Lembaga antikorupsi memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak tersebut. 

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK lainnya, Alexander Marwata mengatakan, enggan meminta maaf dan tidak merasa malu atas kasus yang menjerat Firli. Sebab kata Alex, kasus yang menjerat Firli belum inkrah atau berkekuatan hukum tetap. 

"Apakah kami malu? Saya pribadi tidak.  Karena apa? Ini belum terbukti, belum terbukti," kata Alexander, Kamis, 23 November 2023, di kantornya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya