Jokowi Tunjuk Nawawi Pomolango Gantikan Firli, Eks Penyidik KPK Buka Suara

Novel Baswedan dan Yudi Purnomo
Sumber :
  • VIVA / Edwin Firdaus

Jakarta – Ketua wadah pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap angkat bicara mengenai langkah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK menggantikan Firli Bahuri. Menurut Yudi, penunjukan Nawawi itu merupakan pilihan yang tepat.

Jokowi: Tilapia Fish Cultivation Has Huge Global Demand

"Ya memang menurut saya dari empat pimpinan yang ada pak nawawi yang terbaik lah," ujar Yudi kepada wartawan, Jumat 24 November 2023.

Mantan Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK, Yudi Purnomo

Photo :
  • VIVAnews/Edwien Firdaus
Eks Anak Buah SYL Ungkap BPK Minta Uang Terbitkan WTP Kementan, KPK Diminta Lakukan Ini

Yudi pun berharap setelah terpilihnya Nawawi sebagai ketua KPK yang baru itu bisa membuat kinerja pemberantasan korupsi menjadi lebih cerah.

"Saya menyoroti bahwa dengan telah disahkannya Firli bahuri sebagai kpk non aktif oleh keppres presiden maka ke depan saya yakin setidaknya pemberantasan korupsi akan semakin cerah," kata Yudi.

President Jokowi Ensures to Extend Export Permits for Freeport

"Walaupun memang tentu tidak akan mudah untuk memulihkan kembali kepercayaan masayrakat kepada KPK namun setidaknya kelak organisasi KPK di bawah Nawawi ya kemudian juga kesolidan pegawai yang tentu sudah mengenal sosok Pak Nawawi ya," imbuhnya.

Menurut Yudi, ini menjadikan sebuah masa transisi yang baru sebelum ada pemilihan ulang pimpinan KPK yang baru di tahun depan. "Saya pikir satu tahun ini yang penting adalah bagaimana supaya KPK tetap eksis dulu dan ada dulu di tengah keterpurukan akibat dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan ketuanya," bebernya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberhentian Firli Bahuri sebagai Ketua KPK pada Jumat, 24 November 2023. Kini, Jokowi menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango

Photo :
  • ANTARA FOTO

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan Presiden Jokowi menandatangani Keputusan Presiden tersebut setelah mendarat di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Jumat, 24 November 2023. Menurut dia, Jokowi baru saja selesai kunjungan kerja dari Kalimantan Barat.

“Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri, sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK,” kata Ari melalui keterangannya pada Jumat malam, 24 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya