Diaz Hendropriyono: Perlu Ada Solusi Inovatif untuk Mengatasi Sampah Plastik

Diaz Hendropriyono, Staf Khusus Presiden
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Dewan Komisaris Greenhope, Diaz Hendropriyono mengatakan perlu ada solusi inovatif untuk mengatasi persoalan sampah plastik. Salah satunya, kata dia, melibatkan penggunaan bahan organik, seperti singkong atau oxium untuk membuat kantong belanja yang ramah lingkungan.

“Pendekatan ini tidak hanya mengatasi akumulasi sampah, tetapi juga menangani permasalahan mikroplastik dengan memastikan keberlanjutan lingkungan,” kata Diaz melalui keterangannya pada Sabtu, 25 November 2023.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Diaz Hendropriyono

Photo :
  • Dok. Pribadi Diaz Hendropriyono


Menurut dia, inovasi selanjutnya diarahkan pada dua aspek kritis sampah yakni mengurangi penumpukan sampah dengan memastikan terdegradasi. Lalu, mengatasi permasalahan mikroplastik dengan memastikan bahwa produk-produk tidak meninggalkan jejak mikroplastik.

“Sampah tak hanya terkait dengan penumpukannya, melainkan juga mencakup masalah mikroplastik dan emisi gas rumah kaca,” ujar Staf Khusus Presiden ini.

Selain itu, Diaz menekankan bahwa pentingnya kolaborasi dalam memecahkan masalah pelik global warming. Fokus ini, kata dia, tujuannya untuk mencapai target penurunan emisi hingga 89 persen pada tahun 2030.

“Serta untuk menciptakan dunia yang tidak mengalami peningkatan suhu lebih dari 1,5 derajat atau 2 derajat Celsius pada tahun 2100," ungkapnya.

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Sementara Co-Founders Greenhope, Tommy Tjiptadjaja mengatakan Greenhope merupakan perusahaan yang berdedikasi pada inovasi dalam industri plastik berkelanjutan, melalui produk dan solusinya, berupaya menjawab tantangan lingkungan global.

"Oleh karena itu, Greenhope mengundang siapa saja untuk berpartisipasi dalam gerakan ini. Mari bergabung dan berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan," pungkasnya.

Pemandangan Gunung Kembang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Menghirup udara segar plus menikmati indahnya alam pengunungan, kebersihan menjadi salah satu faktor terpenting. Dan paket lengkap itu bisa ditemukan di Gunung Kembang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024