Kapolri soal Konflik di Bitung: Jangan Memecah Belah Kerukunan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merespons soal konflik ormas yang terjadi di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) beberapa waktu lalu. Kelompok ormas yang bentrok itu, merupakan massa pro Israel dan Palestina.

Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

Sigit mengatakan seluruh jajarannya bersama stakeholder lain masih mengimbau masyarakat di Kota Bitung agar tak lagi mengulang konflik tersebut.

"Sampai dengan hari ini, Pangdam, Kapolda dan seluruh stakeholder bersama-sama bekerja untuk mengimbau agar peristiwa yang terjadi tidak terulang lagi," ucap Sigit kepada wartawan di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Senin, 27 November 2023.

AS dan Israel Kembali Berdiskusi Tentang Evakuasi di Gaza Selatan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Tak hanya itu, Sigit juga berharap masyarakat di wilayah Bitung untuk saling menjaga persatuan dan tidak mudah terprovokasi atas berbagai informasi di media sosial yang manpu memecah belah kerukunan.

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

"Sehingga semangat yang terkait dengan apa yang disampaikan, jangan membuat kemudian memecah belah kerukunan yang ada," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, pihak kepolisian memastikan bahwa situasi di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) telah kondusif setelah sebelumnya terjadi bentrok yang melibatkan dua ormas yang berbeda pandangan terkait Israel dan Palestina.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Setyo Budiyanto dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu malam 25 November 2023. Dia menyampaikan bahwa pihak kepolisian dan juga pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga dan mengamankan situasi yang sempat memanas 

"Jadi bentrokan ini situasinya sudah mulai membaik,” katanya, Sabtu, malam 

Jenderal bintang dua itu mengungkap bahwa penyebab bentrokan itu disebabkan adanya kesalahpahaman sehingga memicu terjadinya bentrok ormas tersebut.  “Pemicunya karena pertikaian antar kelompok. Dari salah paham berujung bentrok," katanya 

Adapun sebelumnya diberitakan, bentrok antar ormas di Kota Bitung. Dalam video yang beredar, terlihat saling serang ormas terjadi di jalanan Kota Bitung. Bentrok ini terjadi sejak sore hingga malam di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu 25 November 2023.  

Laskar Manguni bakar bendera Palestina di Kota Bitung, Sulut

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial

Informasi diperoleh, kelompok ormas yang bentrok itu merupakan massa pro Israel dan Palestina. Bentrok ini pun viral di media sosial. 

"Kota Bitung Sulawesi Utara Memanas, Dua Kubu Massa Pro lsraeI dan PaIestina Bertemu dan Bentrok di Jalan, Sabtu 25 November 2023," tulis akun Instagram @fakta.indo. 

Belum ada laporan berapa jumlah korban yang timbul dari bentrok tersebut. Namun, dari video-video yang tersebar, ada anggota ormas dari masing-masing yang alami luka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya