Antisipasi Perubahan Iklim, Jokowi Serukan Gerakan Tanam Pohon Serentak

Presiden Jokowi dalam Gerakan Tanam Pohon serentak.
Sumber :
  • Akun X @jokowi

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerukan gerakan penanaman pohon serentak di seluruh provinsi di Indonesia. Upaya itu disampaikan Jokowi karena mengingat intensitas musim hujan mulai Desember 2023.

Mahasiswa BEM Unram Terobos Hotel Tempat Jokowi Nginap, Diadang Paspampres

"Ini adalah dalam rangka mengantisipasi perubahan iklim. Antisipasi pemanasan global yang sudah kita rasakan bersama dan nyata, juga dalam rangka mengatasi polusi yang ada di Jabodetabek," kata Jokowi usai menanam pohon jenis pulai di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu, 29 November 2023.\

Jokowi menjelaskan, penanaman pohon di lokasi tersebut sekaligus menandai gerakan penanaman pohon serentak di seluruh provinsi di Indonesia dengan melibatkan peran pemangku kepentingan terkait.

Istana Ungkap Alasan Jokowi Kunker ke NTB di Tengah Aksi Hari Buruh

Presiden Jokowi Meninjau Food Estate di Kabupaten Wonosobo Jateng

Photo :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden

Dia menekankan, pencanangan gerakan menanam pohon di Indonesia disesuaikan dengan datangnya musim hujan yang bisa membantu proses pertumbuhan tanaman melalui serapan air.

Ucapkan Selamat Hari Buruh, Jokowi: Setiap Pekerja Adalah Pahlawan

"Gerakan ini karena memang pas musim hujan, kalau kemarin nggak kita lakukan, karena masih musim kemarau. Ini musim hujan pas Desember, akan kita lakukan di seluruh provinsi, tidak hanya di Jabodetabek," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, penanaman pohon yang dilakukan pemerintah di Provinsi DKI Jakarta sudah menyebar di lebih 900 titik.

"Ini kalau di Jakarta pohonnya sudah gede-gede, yang kecil-kecil pun enggak apa-apa, karena ini musimnya untuk menanam, karena musim hujan," kata Jokowi.Dalam kesempatan sama, Jokowi mengapresiasi partisipasi perusahaan dan asosiasi pengusaha dalam program penanaman pohon tersebut, di antaranya Jakarta  Industrial Estate Pulogadung dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (API).

Dalam kegiatan itu, Presiden Jokowi memimpin penanaman sekitar 744 jenis tanaman di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung pada lahan seluas 1,5 hektare.

Pun, jenis tanamannya yakni Ketapang Kencana 145 batang pohon, Mahoni 167 batang, Bungur 85 batang, Pulai 70 batang, Trembesi 86 batang, Sawo kecik 87 batang, Tabebuia Pink 50 batang, Tabebuia kuning 42 batang, Buttercup 6 batang, Sapu tangan 4 batang, dan Gayam 2 batang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya