Eddy Rumpoko Meninggal Dunia, GM FKPPI: Selamat Jalan Bapak Pembangunan Kota Batu

Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama

Malang – Keluarga besar Generasi Muda Forum Komunkasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (GM FKPPI) berduka atas kepergian Wali Kota Batu periode 2007-2017 Eddy Rumpoko. Apalagi sosok yang akrab disapa Sam ER itu pernah menjabat sebagai Ketua GM FKPPI Jatim periode 1999-2006.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Ketua GM FKPPI Jatim, Agoes Soerjanto mengatakan bahwa kepergian Sam ER mengagetkan banyak pihak, tak terkecuali keluarga besar GM FKPPI Jatim. Eddy Rumpoko selama ini dikenal sebagai sosok senior yang baik, perhatian, egaliter, humble, dan inovatif.

"Innalillahi wa Innailaihi Rojiun. Kami turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Eddy Rumpoko. Kami keluarga besar GM FKPPI Jatim sangat kehilangan sosok senior yang baik, perhatian, egaliter, humble, dan inovatif. Selamat jalan mas, semoga diberi tempat terbaik disisi-Nya. Amin," kata Agoes, Kamis, 30 November 2023. 

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Ketua GM FKPPI Jawa Timur, R Agoes Soerjanto

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Agoes menilai, Eddy Rumpoko adalah bapak pembangunan yang berhasil menjadikan Kota Batu destinasi wisata unggulan di Jatim dan nasional. Selama dua periode di bawah kepemimpinan Eddy Rumpoko, Kota Batu bertransformasi menjadi dari kota kecil yang sepi, menjadi kota yang selalu ramai dengan jutaan wisatawannya.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

"Jika di Banyuwangi ada Pak Azwar Anas, di Surabaya ada Bu Risma, di Batu ada Pak Eddy Rumpoko. Semangat berani melakukan transformasi harus dijalankan kepala daerah seperti yang telah dilakukan ketiga pemimpin tersebut. Pak Eddy Rumpoko adalah contoh kepala daerah yang berhasil membangun daerahnya, memanfaatkan potensi yang dimiliki yang muaranya untuk kesejahteraan rakyat," ujar Agoes. 

Sementara itu, Sekretaris GM FKPPI Jatim, Didik Prasetiyono menuturkan, transformasi kemajuan Kota Batu adalah buah tangan Eddy Rumpoko. Dia berhasil menarik investor untuk mendirikan destinasi wisata yang ikonik yang mampu menyedot datangnya wisatawan. Seperti Batu Night Spectacular, Museum Satwa Batu, Jatim Park, Eco Green Park hingga Museum Angkut.

"Eddy Rumpoko adalah Kota Batu, dan Kota Batu adalah Eddy Rumpoko. Orang akan terus mengenang pertumbuhan pesat wisata di Kota Batu berkat tangan dingin Eddy Rumpoko," kata Direktur Utama PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) ini.

Sebagai informasi, Eddy Rumpoko dilantik menjabat Wali Kota Batu pada 24 Desember 2007 silam. Selain menjabat Ketua GM FKPPI Jatim, putra sulung almarhum Brigjen TNI (Purn) Sugiyono dan Egnie Rumambe Sugiyono ini juga pernah menduduki sejumlah jabatan pada organisasi kemasyarakat dan profesi.

Diantaranya, Pimpinan Umum Harian Suara Indonesia (1985-1990); Ketua DPW Pemuda Pancasila Jatim (1990-1995); DPD REI Jatim (1996-2000), Ketua Pengda IMI Jatim (2000-2006); Kabid Alam dan Lingkungan DPP Pemuda Pancasila (2002 - sekarang), Pengurus Kadin Jatim (2004 - sekarang), Ketua PSSI Kota Batu (2010-2020), Wakil Ketua KONI Jatim (2011-2021) dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Arema Indonesia (2011 - sekarang). 

Mendiang mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dikabarkan sempat menjalani perawatan di RS dr. Kariyadi Semarang, Jawa Tengah selama dua hari sebelum meninggal dunia.

Eddy Rumpoko

Photo :
  • Uki Rama (Malang)/ VIVA

Hal itu disampaikan oleh Kepala Diskominfo Kota Batu, Onny Ardiyanto. Menurutnya kabar itu diperoleh dari pihak keluarga, rencananya jenazah akan dibawa ke rumah duka Jalan Trunojoyo 33 Kota Batu sebelum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Kota Batu.

"Rencananya, jenazah akan disalatkan di Masjid Brigjen Soegiyono Balai Kota Among Tani. Jujur banyak masyarakat yang kaget atas meninggalnya Eddy Rumpoko. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Tuhan YME," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya