Jelang HUT OPM 1 Desember, TNI-Polri Perkuat Pengamanan di 9 Daerah di Papua

Satgas Damai Cartenz 2023
Sumber :
  • VIVA/ Aman Hasibuan

Papua – Aparat keamanan dari TNI dan Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2023, bersama Polda Papua, memperkuat pengamanan di 9 daerah operasi menjelang HUT OPM pada 1 Desember 2023.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

Kasatgas Humas Damai Cartenz 2023, AKBP Dr. Bayu Suseno, mengungkapkan bahwa pihaknya gencar melakukan deteksi dini dan patroli intensif di 9 daerah operasi Damai Cartenz.

"Kami lakukan deteksi dini dan patroli intensif. Sudah berjalan seminggu ini untuk antisipasi adanya ganguan keamanan di sembilan daerah operasi Damai Cartenz" ujar Bayu, Kamis 30 November 2023.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Hal senada disampaikan oleh Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Beny. Dia menjelaskan, bahwa Aparat gabungan TNI-Polri disiagakan di 13 titik pengamanan menjelang HUT OPM 1 Desember.

 "Aparat gabungan TNI dan Polri terus memantau pergerakan KKB di 13 titik/kabupaten, dengan meningkatkan patroli keamanan dan penegakan hukum bagi kelompok yang kerap melakukan aksi teror dan penembakan terhadap aparat keamanan dan warga setempat," jelas Benny.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Kami (Satgas Damai Cartenz) fokus di sembilan daerah operasi yang menjadi konsen kami, sedangkan wilayah lain diintensifkan personel Polda Papua" ujar Bayu.

Hingga saat ini situasi Kamtibmas di sembilan daerah operasi Damai Cartenz relatif kondusif. Masyarakat juga diharapkan tidak terpengaruh dengan berbagai provokasi dari KKB.

"Kami berharap masyarakat tidak terpengaruh oleh isu-isu provokasi maupun himbauan-himbauan dari KKB dan tetap menjaga kamtibmas di daerahnya masing-masing" pungkas Bayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya