Hujan Abu Gunung Marapi Terjang 14 Kecamatan di Agam Sumatera Barat

Gunung Marapi di Sumatera Barat meletus
Sumber :
  • Dok BNPB

Agam – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat mencatat 14 kecamatan di daera itu terkena hujan abu dan batu usai Gunung Marapi erupsi pada Minggu, 3 Desember 2023.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

“Ini data yang kita peroleh dari masing-masing camat,” ujar Sekretaris BPBD Agam, Olkawendri di Lubuk Basung, dikutip dari Antara, Senin 4 Desember 2023.

Gunung Marapi, Sumatra Barat erupsi lagi.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andri Mardiansyah (Padang)
Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Menurutnya 14 kecamatan yang terdampak hujan abu dan batu sebanyak 4 kecamatan yakni, Kecamatan Canduang, Sungai Pua, Ampek Angkek dan Malalak.

Sedangkan kecamatan yang terdampak hujan abu saja yakni Kecamatan Banuhampu, Tilatang Kamang, Baso, Tanjung Raya, Lubuk Basung, Ampek Koto, Matur, Tanjung Mutiara, Palembayan dan Kamang Magek.

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

“Kecamatan Palupuh dan Ampek Nagari tidak terdampak erupsi Gunung Marapi,” sebutnya

Olkawendrei menambahkan, warga di empat kecamatan terdekat dengan gunung Marapi masih bertahan di rumah mereka usai gunung tersebut erupsi.

Pihak BPBD mengimbau kepada warga untuk tetap berdiam di dalam rumah dan mengenakan masker agar terhindar dari infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA.

Diakui oleh Olkawendri, terdapat sebanyak 47 orang pendaki yang terjebak di Gunung Marapi saat terjadinya erupsi. Adapun 19 orang dari jumlah tersebut sudah turun sementara 28 orang masih terjebak.

Gunung Marapi di Sumatera Barat erupsi.

Photo :
  • PVMBG

Untuk memastikan keselamatan korban, pihak BPBD Agam telah berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Marapi, TWA Gunung Api Marapi pihak nagari atau desa dan kecamatan.

“Mudah-mudahan pendaki turun dengan selamat semua,” pungkasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya