Jelang 2024 Boleh Beda Pilihan Politik tapi Jaga Persatuan Tetap Diutamakan

Ketua Umum IPPNU Whasfi Velasufah
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Ada pesan menarik dalam malam kebudayaan yang digelar para Pimpinan Wilayah (PW) dalam rakernas Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PP IPPNU) di Asrama Haji, Bekasi, Jawa Barat. Pesan itu terkait pentingnya menjaga keharmonisan jelang menghadapi Pemilu 2024.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Ketua Umum Pimpinan Pusat IPPNU, Whasfi Velasufah menyampaikan pesan tersebut agar pemakaian adat dalam rakernas bisa dimaknai sebagai penyadaran. Kata dia, bukan untuk sekedar seru-seruan.

Selain itu, menurut dia, jadi penguat rasa cinta Indonesia yang kaya akan ragam budaya. Dia bilang pakaian adat punya pesan meskipun beda-beda warna, corak, desain, tapi semua bersatu dalam satu bangsa dan bahasa.

BTN Cetak Laba Bersih Rp 860 Miliar di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 344,2 Triliun

"Sebagai pengingat apalagi akan menghadapi tahun politik yakni boleh berbeda pandangan politik. Boleh berbeda pilihan politik tapi rasa persatuan untuk Indonesia itu diutamakan seperti yang tergambar dalam pakaian adat," kata Vela, dalam keterangannya dikutip pada Senin, 4 Desember 2023.

Penghitungan surat suara Pilpres 2019 (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Vela mengatakan, ide pemakaian baju adat daerah dalam rakernas IPPNU di Asrama Haji juga untuk berikan pesan. Dia bilang keutuhan bangsa dan negara lebih harus diutamakan dari perbedaaan pandangan dan pilihan politik.

Dia menuturkan hal itu sebagai upaya jaga keharmonisan di tengah bangsa Indonesia yang majemuk. Adapun dalam penampilan kebudayaan, Vela mengenakan pakaian adat baju Bodo dari dari Bugis, Sulawesi Selatan

“Mungkin banyak yang tidak tahu, ternyata Indonesia memiliki baju adat tertua di dunia dan itu Baju Bodo, pakaian khas Bugis Sulawesi Selatan yang saya kenakan," jelas Vela

Acara Rakernas IPPNU yang diselingi kegiatan malam kebudayaan itu dihadiri Pimpinan Wilayah seluruh Indonesia. Mereka mengenakan pakaian adat lokal khas daerah masing-masing wilayah serta penampilan tarian adat daerah.

Untuk diketahui, perhelatan Pemilu 2024 sudah memasuki tahapan kampanye sejak 28 November 2023. Pun, untuk pemungutan suara akan digelar pada 14 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya