Gunung Anak Krakatau Terus Erupsi, Ketinggian Abu Vulkanik Capai 2.000 Meter

Erupsi Gunung Anak Krakatau
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Banten – Gunung Anak Krakatau (GAK) terus menunjukkan aktivitasnya. Setelah meletus empat kali sejak dini hari hingga Senin siang, 04 Desember 2023, sekitar pukul 09.56 wib, dengan ketinggian semburan abu vulkanik mencapai 1.500 meter.

Lama Sendiri, Cathy Sharon Bicara Kriteria Pasangan

Kini, gunung berapi di perairan Selat Sunda itu masih saja meletus. Bahkan letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) semakin tinggi, mencapai 2.000 meter di atas puncak.

Dikutip dari Magma Indonesia, aplikasi resmi milik PVMBG, Kementrian ESDM. Erupsi terjadi pukul 12.41 wib, abu vulkaniknya berwarna hitam mengarah ke tenggara. Letusan itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 71 mm selama 1 menit 50 detik.

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

CCTV merekam lontaran abu vulkanik dari Gunung Anak Krakatau. (Ilustrasi)

Photo :
  • Dokumentasi PVMBG

Letusan berlanjut pukul 15.54 wib setinggi 1.000 meter, dengan abu vulkanik berwarna hitam, mengarah ke barat laut. Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 54mm selama 36 detik. 

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Erupsi berlanjut pukul 16.15 wib dengan ketinggian semburan abu vulkanik mencapai 2.000 meter di atas puncak, mengarah ke barat laut, amplitudo maksimum 59mm selama 1 menit 33 detik. 

Jelang malam, letusan Gunung Anak Krakatau kembali terjadi pukul 18.13 wib, dengan ketinggian 1.000 meter di atas puncak. Kolom abu berwarna hitam, amplitudo maksimum 70mm dan berlangsung selama 47 detik.

Selang empat menit, atau sekitar pukul 18.17 wib, erupsi kembali terjadi setinggi 1.500 meter, kolom abu berwarna hitam, mengarah ke barat laut, amplitudo maksimumnya 73mm selama 1 menit 14 detik. Kemudian nampak sinar api setinggi 50 meter.

Gunung Anak Krakatau menghembuskan abu vulkanik.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Letusan terus berlanjut pukul 20.06 wib dan nampak sinar api setinggi 300 meter. Ketinggian semburan abu vulkanik berwarna hitam mencapai 1.000 meter mengarah ke barat laut. Erupsi itu beramplitudo maksimum 60mm selama 1 menit 9 detik.

Saat ini, Gunung Anak Krakatau berada di Level III atau Siaga, dengan rekomendasi dilarang mendekat dalam radius 5 km. Masyarakat diminta tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar, serta selalu memastikannya melalui sumber terpercaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya