tvOne Hadirkan Penghargaan “Inovasi Membangun Negeri” Apresiasi untuk Kepala Daerah Berprestasi

tvOne kembali menghelat program penghargaan bertajuk “Inovasi Membangun Negeri”
Sumber :
  • tvOne

VIVA – tvOne kembali menghelat program penghargaan bertajuk “Inovasi Membangun Negeri” pada 1 Desember lalu di Studio The Convergence Indonesia, Kuningan, Jakarta Selatan. Sebuah penghargaan yang tercetus khusus diberikan untuk mengapresiasi para kepala daerah di Indonesia.

Astra Gelar Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 di Bengkulu, Ratusan Anak Muda Ikut Serta

Penerima penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023 tvOne merupakan para pejabat kepala daerah mulai dari Gubernur, Walikota dan Bupati. Totalitas, kontribusi dan hasil kerja keras para kepala daerah terbaik ini sepatutnya mendapatkan apresiasi sebagai kepala daerah berprestasi. Proses penilaian juga dilakukan dengan menjaga objektivitas dari apa yang telah para kepala daerah lakukan.
Sembilan kepala daerah yang menerima penghargaan “Inovasi Membangun Negeri 2023” tvOne adalah:

Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia
  1. Penghargaan Inovasi Pelayanan Digital diberikan kepada Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang berhasil meningkatkan implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Provinsi Jawa Timur per semester I tahun 2023 mengalami peningkatan yang signifikan. Total 39 Pemda di Jatim yang terdiri dari 38 Pemkab/Pemkot dan 1 Pemprov, sebanyak 38 Pemda telah berada pada kategori Digital. Angka ini meningkat pesat sebanyak 34 Pemda dibandingkan Semester II tahun 2022.
  2. Penghargaan Peningkatan Pembangunan Sosial diberikan kepada Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi berkat keberhasilan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 69.90 menjadi 70.45 pada tahun 2022. IPM Nasional sendiri pada tahun 2022 mencapai 72,91. Kebijakan Inovasi Pembangunan meliputi: Smart School, Kartu Pendidik Berjaya, Lampung Sehat, dan Alokasi APBD sebesar 20% untuk pendidikan, serta mendorong terbentuknya 15 kabupaten/Kota Layak Anak membawanya menjadi kepala daerah berprestasi.
  3. Penghargaan Pengembangan Wisata Geologi diberikan kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura atas usaha untuk mewujudkan komitmen Pemerintah Provinsi dalam mendorong upaya penetapan Danau Poso sebagai Pusat Geopark di Sulawesi Tengah.
  4. Penghargaan Pengembangan Sumber Daya Manusia bagi Pendidikan diberikan kepada Bupati Konawe Utara, Ruksamin. Kontribusi luar biasa di bidang pendidikan dilakukannya dengan memberikan beasiswa kepada 2.963 mahasiswa asal daerah Konawe Utara di 99 perguruan tinggi di Indonesia dan sepuluh di China. Bekerja sama dengan 101 Perguruan Tinggi di Indonesia untuk merealisasikan program SPP Gratis bagi mahasiswa asli derah Konawe Utara. Menyusun program pemberian laptop gratis bagi tenaga penajar di Konawe Utara.
  5. Penghargaan Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pendidikan diberikan kepada Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani. Sederet program yang berhasil dilakukan adalah menyusun Program Paket melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), melakukan pengembangan Keterampilan melalui Program 'Banyuwangi Ayo Kursus' dan satuan pendidikan non formal melalui Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Menyusun dan menginisiasi program 'Asuh Sebaya' untuk membantu siswa/i yang tidak mampu yang terdapat di Kabupaten Banyuwangi dan menginisiasi Intervensi Kebijakan melalui program Garda Ampuh untuk menanggulangi angka putus sekolah pada pendidikan dasar.
  6. Penghargaan Komitmen Pembangunan Ekonomi Inklusif diberikan kepada Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta atas prestasinya meningkatan target pendapatan daerah sebesar 7,5 triliun rupiah, menyusun program 'Badung Berbagi, Dari Badung untuk Bali' yang ditujukan untuk pembangunan fisik dan kesejhateraan masyarakat, memberikan dana hibah sebanyak 54,5 miliar rupiah kepada masyarakat dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) 79,2 milyar rupiah kepada Pemkab Tabanan yang diutujukan untuk pembangunan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan pada tahun 2023, memberikan dana hibah 32, 4 milyar kepada masyarakat dan BKK sebesar 73 milyar kepada Pemkab Klungkung pada tahun 2023 dan memfasilitasi event internasional untuk mendorong ekonomi masyarakat lokal (KTT AIS 2023).
  7. Penghargaan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah diberikan kepada Walikota Malang, Wahyu Hidayat atas usahanya dalam melibatan UMKM dalam agenda Pemerintahan baik dalam skala lokal, nasional, regional, dan global, memberi bantuan peralatan kepada 200 pelaku UMKM sebesar 1 miliar rupiah, perluasan akses pasar kepada UMKM oleh Pemkot Malang, pendampingan Pemkot Malang kepada pelaku UMKM untuk go Internasional melalui sertifikasi halal, uji nutrisi, BPOM, dan label SNI.
  8. Penghargaan Pengembangan Desa Wisata diberikan kepada Bupati Sumenep, Achmad Fauzi atas perolehan berbagai penghargaan di antaranya Penghargaan Desa Wisata Keris Kabupaten Sumenep sebagai 50 Desa Terbaik dalam Anugerah Desa Pariwisata tahun 2022 oleh Kemeparekraf RI, Mei 2022. Penghargaan MURI atas rekor Desa Wisata dengan Empu Keris terbanyak oleh Kemenparekraf RI, Oktober 2022. Penghargaan atas dedikasi dan komitmen dalam mendukung Program Pengembang Desa Wisata 2022, Juni 2022. Penetapan UNESCO Kabupaten Sumenep sebagai Kota Keris. Peningkatan kunjungan Wisata sebesar 300% dari tahun 2021-2022 dan pengembangan Pulau Giliyang sebagai Wisata Oksigen.
  9. Penghargaan Komitmen Pengembangan Infrastruktur Perhubungan dan Aksesibilitas diberikan kepada Bupati Bekasi, Dani Ramdan atas kerja kerasnya dalam pembangunan 38 titik jalan kabupaten, pembangunan Jalan Akses Tol Cikarang Barat, Pilar-Sukatani, Sukamahi-Cicau, Wanasari-CBL, Pondok Soga-Tanjung Air, Warung Satu-Pulo Puter, Cipayung-Pasir Tanjung, Kampung Turi-Gabus Rawa, Akses Teluk Haur Pebayuran, hingga Jalan Ridogalih Cibarusah, pemasangan 3.043 titik penerangan jalan lingkungan dan pembangunan 85 jembatan.

“tvOne melihat bahwa 9 kepala daerah yang hadir di sini telah bekerja keras dan bersungguh-sungguh untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Hal ini terlihat dari berbagai program, inovasi, dan kebijakan yang telah digulirkan oleh 9 kepala daerah yang hadir pada hari ini.” kata Taufan E. N Rotorasiko selaku CEO tvOne saat menyampaikan sambutan.

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Program penghargaan yang dipandu oleh presenter tvOne Chacha Annissa ini juga menyajikan talkshow bersama para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan. Pada kesempatan itu kepala daerah bisa memaparkan kontribusi dan hasil kerja nyata yang telah dilakukan untuk masyarakat maupun cerita dibalik prestasi yang diraihnya.

“Melalui penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023, TV ONE ingin menyampaikan pesan bahwa kepala daerah memiliki peran penting dalam mendorong inovasi pembangunan daerah. Hal ini dikarenakan kepala daerah bukan saja memiliki kewenangan untuk menetapkan kebijakan dan anggaran pembangunan daerah namun juga memiliki hubungan yang jaraknya paling dekat dengan masyarakat,” tutup Taufan.

Hadirnya program acara penghargaan tvOne “Inovasi Membangun Negeri 2023”, diharapkan bisa menghadirkan dan memberi semangat kepala daerah di Indonesia dengan segudang prestasi lainnya yang dapat membangun Indonesia lebih baik lagi kedepannya. Selain itu melalui program ini masyarakat dapat meningkatkan kepercayaannya terhadap kepala daerah baik di tingkat Provinsi, maupun Kota/Kabupaten.

Tayangan penghargaan tvOne “Inovasi Membangun Negeri 2023” bisa disaksikan di layar tvOne pada hari Minggu, 03 Desember 2023 pukul 21.00 WIB pada saluran 34 UHF Jakarta, 35 UHF Palembang, 32 UHF Surabaya, 42 Denpasar & Banjarmasin, 38 UHF Bandung, 39 UHF Semarang, 35 UHF Yogyakarta dan Solo maupun streaming di www.tvonenews.com.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya