Warga Tanah Datar Diterjang Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi, Bupati: Jangan Panik

Tanah Datar diterjang banjir lahar dingin erupsi Gunung Marapi.
Sumber :
  • tvOne.

Sumatera Barat – Pasca-erupsi Gunung Marapi, di Tanah Tinggi, Sumatera Barat, Banjir lahar dingin masih menerjang beberapa kawasan di Kabupaten Tanah Datar, hingga Selasa malam.

Kemalangan di Gaza, Warga Palestina Minum Air Tidak Layak Konsumsi

Bahkan, di Nagari Pariangan, banjir lahar menghantam lokasi pemandian air panas yang berada di kawasan Masjid Ishlah. Sementara, di Nagari Batubasa, Kecamatan Pariangan, banjir lahar menghantam masjid dan rumah warga di Jorong Sialahan.

Lalu, Di Kawasan Koto Baranjak, Nagari Baringin, Kecamatan Limo Kaum, banjir lahar dingin menyebabkan jembatan terban di kedua sisinya. Sehingga, tidak bisa dilalui mobil bertonase besar.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Gunung Marapi di Sumatera Barat meletus

Photo :
  • Dok BNPB

Bupati Tanah Datar, Eka Putra didampingi Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra dan Dandim 0307 Letkol Czi Sutrisno mengimbau warga tidak panik dan tidak termakan isu.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

“Jangan panik. Dengarkan instruksi dari yang berwenang. Jangan termakan isu, apalagi menyebarkan isu yang bisa membuat panik masyarakat,” kata Eka Putra ketika meninjau aliran lahar dingin di Nagari Parambahan, Kecamatan Limo Kaum.

Dari pantauan lapangan, kata Eka Putra  debit air meningkat drastis di Batang Air Sigarungguang Nagari Baringin dan Batang Air Lona, Nagari Parambahan.

Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang dari puluhan pendaki Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, yang terjebak di puncak menyusul erupsi gunung tersebut, Senin pagi, 4 Desember 2023.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Eka Putra juga meminta masyarakat Tanah Datar untuk sama-sama berdoa agar erupsi Gunung Marapi tidak menimbulkan dampak yang besar.

“Semoga tidak memberikan dampak yang besar dan tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda bagi warga. Mari kita sama-sama berdoa, “ ujar Eka.  

Laporan Andri Saputra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya