Kapolres Blitar Sebut Gus Samsudin Tak Kantongi Izin Praktik Pengobatan Alternatif

Kapolres Blitar AKBP Wiwit Adisatria di Mapolda Jatim.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Surabaya – Kepolisian Resor (Polres) Blitar masih masih mendalami informasi kematian seorang pasien perempuan berinisial SW (59 tahun) yang ditemukan tewas di dalam kamar mandi di Pondok Nuswantoro milik Gus Samsudin. Penyelidikan di antaranya terkait izin praktik pengobatan yang dilakukan YouTuber tersebut.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Berdasarkan keterangan diperoleh dari Dinas Kesehatan Blitar, Kapolres Blitar AKBP Wiwit Adisatria mengatakan bahwa bahwa izin praktik pengobatan alternatif oleh Gus Samsudin sudah dicabut sejak Agustus 2022 lalu.

“Tapi kami masih dalami, apakah padepokan tersebut memang sedang membuka praktik pengobatan,” katanya usai Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Semeru 2023 di Gedung Mahameru Mapolda Jatim di Surabaya, Jumat, 15 Desember 2024.

Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan

Lokasi wanita ditemukan tewas di pondok Nuswantoro yang dikelola Gus Samsudin

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Dia menambahkan, penyelidikan juga dilakukan untuk mengetahui apakah kematian korban berkaitan dengan praktik pengobatan yang dilakukan oleh Gus Samsudin. Namun, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas Inafis Polres Blitar, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan ditemukan di tubuh korban.

Satu dari Lima Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok Dibebaskan

“Keluarga korban juga menolak otopsi,” ujar Wiwit.

Sementara berdasarkan keterangan pihak keluarga, Wiwit menjelaskan bahwa korban memiliki riwayat sejumlah penyakit. Di antaranya hipertensi, kolesterol, dan sesak napas. “Semacam komplikasi,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang perempuan berinisial SW (59 tahun) ditemukan tewas di dalam kamar mandi area Pondok Nuswantoro yang dikelola Gus Samsudin di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Korban mengembuskan napas terakhir diduga setelah menjalani terapi di pondok tersebut.

Korban adalah warga Tambak Asri, Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya. Berdasarkan keterangan pihak keluarga, korban pamit akan pergi ke Blitar guna berobat ke Gus Samsudin pada Sabtu, 9 Desember 2023. Korban diketahui memiliki riwayat penyakit hipertensi, kolesterol, dan sesak napas.

Sejak itu, korban rupanya tak pulang-pulang. Gelisah, pihak keluarga lalu mendatangi Pondok Nuswantoro pada Senin, 11 Desember 2023, untuk menanyakan keberadaan korban. Buku tamu pun dicek dan rekaman CCTV diperiksa.

Gus Samsudin dan Istri

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Dari situ diketahui bahwa korban memang tiba di Pondok Nuswantoro pada Sabtu akhir pekan lalu sekitar pukul 15.15 WIB. Dari rekaman CCTV pula diketahui korban kemudian masuk ke dalam kamar mandi dan tidak keluar.

Pihak keluarga dan petugas pondok lalu mengecek kamar mandi. Ada salah satu kamar mandi yang pintunya terkunci. "Setelah diinceng, korban sudah tergeletak," kata Kasi Humas Polres Blitar, Iptu Budiyono, dikutip dari VIVA, Jumat, 15 Desember 2023.

Pintu kamar mandi itu kemudian dibuka paksa. Di dalam, korban ditemukan tergeletak tanpa busana dan sudah tak bernyawa. Pihak keluarga kemudian melaporkan itu ke kepolisian sektor setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya