Polisi Tangkap Satu Pelaku Pembakaran Pondok Pesantren di Luwu, Pelaku Lain Diburu

Situasi Pondok Pesantren Darul Istiqamah di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan usai dibakar OTK.
Sumber :
  • Istimewa

Luwu – Pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku yang mencoba melakukan pembakaran Pondok Pesantren Darul Istiqamah di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, pada Rabu, 13 Desember 2023 kemarin.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Kapolres Luwu, AKBP Arisandi mengatakan, saat ini pihaknya telah berhasil meringkus satu orang terduga pelaku berinisial BS. Pelaku tersebut terbukti melakukan penyerangan yang berujung dengan pembakaran hingga dugaan pelecehan seksual di pondok pesantren Darul Istiqamah.

“Benar, satu terduga pelaku inisial BS sudah diamankan,” kata Arisandi saat dikonfirmasi Jumat, 15 Desember 2023 

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Pesantren di Luwu Diserang OTK, Bangunan Dibakar hingga Santriwati Dilecehkan

Photo :
  • Instagram: net2netnews

Arisandi menyebut, bahwa penangkapan pelaku BS dilakukan di wilayah Kecamatan Cilallang Kabupaten Luwu, pada Kamis malam 14 Desember 2023 sekitar pukul 19.00 Wita.

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Kendati begitu, Arisandi pun mengaku jika pihaknya masih terus melakukan penyelidikan dan pengejaran sejumlah rekan pelaku yang sudah lebih dulu tertangkap. Arisandi juga mengatakan jika penyidik masih melakukan pengembangan dan telah mengantongi identitas sejumlah pelaku.

“Kami masih mencari yang lainnya, sesuai identifikasi peran masing-masing pada saat di lokasi kejadian. Jumlah terduga pelaku masih kami identifikasi. Yang jelas yang sudah teridentifikasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Arisandi menyebutkan bahwa kejadian itu bukan pembakaran melainkan percobaan pembakaran. Termasuk juga dugaan pelecehan itu belum dapat dipastikan. Namun, kata Arisandi, pihaknya akan terus berjuang membuktikan dugaan itu.

“Ini percobaan pembakaran karena tidak terbakar satu pondok. Kalau narasinya pembakaran pondok pesantren, itu nanti dikiranya satu pondok pesantren yang dibakar. Yang terbakar itu, dinding tripleks dan satu sofa (tempat duduk). Baru sebatas itu terbakar. Itu kan percobaan pembakaran, tapi sudah berhasil dipadamkan,” ungkapnya

Beruntung, kata Arisandi, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Tetapi, insiden penyerangan itu membuat santri maupun pengajar di pondok Pesantren Darul Istiqamah mengalami syok berat dan trauma. Sehingga, untuk sementara para santri dipindahkan sementara.

Sebelumnya telah diberitakan aksi penyerangan orang tak di kenal (OTK) ke Ponpes Darul Isitiqamah, Kecamatan Cilallang, Kabupaten Luwu terjadi pada Rabu malam lalu 13 Desember 2023.

Informasi yang diperoleh, penyerangan itu terjadi sekitar pukul 21.00 Wita. Akibatnya, salah satu bangunan ponpes turut dibakar para pelaku. Para santri dan gurunya berhamburan keluar menyelamatkan diri. Parahnya, kelompok OTK itu disebut juga telah melecehkan sejumlah santri.

Penyerangan ini pun sempat diabadikan oleh warga sekitar dan viral di media sosial. Pihak kepolisian yang menerima laporan itu, langsung bergerak melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus penyerangam tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya