Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri Dirikan 1.740 Pos dan Kerahkan Hampir 130 Ribu Personel

Kepala Bagian Ops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi.
Sumber :
  • DOk. NTMC.

JakartaKepala Bagian Ops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi mengatakan Polri bersama stakeholder terkait pengamanan libur Hari Natal dan Tahun Baru 2024, telah mendirikan ribuan pos pengamanan yang tersebar di Indonesia.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

“Kita mendirikan pos-pos pengamanan yaitu sebanyak 1.740 lokasi pos pengamanan, pos pelayanan sebanyak 740 dan pos terpadu sebanyak 212 yang ada di titik-titik lokasi di Indonesia,” kata Eddy di Jakarta pada Jumat, 15 Desember 2023.

Kemudian, kata dia, Polri juga menerjunkan sebanyak 129.923 personel dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru 2024 yang terdiri dari personel Polri, TNI dan stakeholders terkait.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Ilustrasi Polisi lalu lintas (polantas)

Photo :
  • Istimewa

“Adapun objek pengamanan ataupun titik-titiknya, kita nanti akan mengamankan objek sebanyak 43.276 yang akan kita lakukan pengamanan,” ujarnya.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Menurut dia, Korlantas Polri beserta stakeholders terkait tentu berharap pelaksanaan pengamanan operasi ketupat tahun-tahun lalu bisa menjadi modal yang kuat untuk memberikan pelayanan, pengamanan kepada masyarakat yang akan melakukan mudik, baik ibadah maupun liburan.

“Tentunya, kesiapan ini kita telah laksanakan survei-survei bersama stakeholder terkait, baik itu survei yang kita lakukan melalui di jalan tol, survei di jalan arteri, termasuk menuju arah tempat objek wisata, survei menuju arah pelabuhan,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian mengatakan pihaknya berkoordinasi dan kolaborasi dengan Kementerian Perhubungan maupun Korlantas Polri untuk kesiapan pengamanan libur Hari Natal dan Tahun Baru 2024.

“Korlantas akan memiliki diskresi bagaimana melaksanakan dan memanfaatkan keseluruhan pengaturan,” ujarnya.

Kemudian, Hedy menyebut kesiapan ruas jalan tol dan jalan non tol saat Nataru. Diungkapkannya ruas jalan non tol jalan nasional sepanjang 47.603 dapat diakses dengan baik. Lalu, wilayah Tol Sumatera sepanjang 13.417 km atau 93, 8 persen dalam kondisi baik.

Ilustrasi jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Photo :
  • ANTARA/HO-Jasa Marga.

Sedangkan kondi jalan nasional di Pulau Jawa Bali sepanjang 7.090 km dengan kondisi 96,4 persen baik, Kalimantan sepanjang 8.036 km 90,33 persen mantap, Sulawesi 8.794 km 92,73 persen mantap. Nusa Tenggara sepanjang 3.092 km sepanjang 95,12 mantap. Kepulauan Maluku dan Papua sepanjang 7.172 km dengan kemanntapan 85,37 persen.

“Untuk kesiapan jalan tol sekarang ini yang sudah beroperasi di Indonesia keseluruhannya adalah 816 km tersebar di Pulau Jawa ada 1.782 km, Pulau Sumatera 865 km, Pulau Bali sepanjang 10 km, Kalimantan ada 97 km, dan Sulawesi sepanjang 62 km. Itu didukung dengan 132 tempat istirahat dan pelayanan di seluruh jalan tol,” ungkapnya.

Khusus 2023, kata dia, disiapkan pembangunan jalan tol sampai akhir tahun ini sepanjang 410 km, targetnya yang sudah dioperasikan sejauh ini 218 km sepanjang tahun ini saja. Kemudian, sisanya 197 km diharapkan akan berfungsi pada natal dan tahun baru ini.

“Kita lihat di Pulau Jawa ada 1.780 km dengan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) sebanyak 92 TIP,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya