Kapolda Luthfi Prediksi 13 Juta Orang Mudik ke Jateng Saat Masa Libur Nataru

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Jakarta – Jumlah pelaku perjalanan yang akan mudik ke wilayah Jawa Tengah selama musim liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan meningkat dibandingan tahun sebelumnya.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi memprediksi, ada sekitar 13 juta orang yang akan mudik ke Jawa Tengah. Angka ini naik sekitar 124 persen dibandingkan tahun lalu.

"Polda Jateng akan menerjunkan sebanyak 15.700 personel yang akan disebar di 279 titik pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu guna mengamankan kegiatan masyarakat selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," ujar Ahmad Luthfi lewat keterangan tertulis yang dikirimkan Bidhumas Polda Jateng, Senin, 18 Desember 2023.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Untuk memantapkan persiapan, Polda Jateng melakukan serangkaian rakor lintas sektoral dalam rangka menyongsong Operasi Lilin Candi 2023 yang akan digelar selama 12 hari mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 02 Januari 2024.

Suasana lalu lintas di tol Kalikangkung Semarang, Jateng.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno
Tugas Nokia Sudah Tuntas

Ahmad Luthfi menambahkan, pengamanan akan berfokus pada kegiatan masyarakat selama Natal dan Tahun baru, terutama kegiatan misa atau ibadah yang dilaksanakan di 3.543 gereja di seluruh Jawa Tengah.

Selain itu juga objek wisata yang menjadi destinasi masyarakat selama libur Natal dan Tahun baru. Dalam pengamanan, Polri dibantu dengan TNI dan stakeholder yang lain.

"Adapun sistem pengamanan ada yang bersifat patroli mobiling dan pengamanan stasioner di gereja maupun tempat wisata. Untuk mengantisipasi kemacetan, Polda Jateng juga telah menyiapkan tim urai di masing masing penggal jalan tol dan jalur pantura oleh masing-masing Polres," ujarnya.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya