3 Capres Diundang Alumni IPB Dialog Agromaritim: Anies Hadir, Prabowo Menunggu Konfirmasi

Anies hadiri dialog agromaritim yang digelar Alumni IPB University
Sumber :
  • Muhammad AR/Bogor

Bogor - Tiga Capres nomor urut 1 Anies Baswesan,  nomor urut 2 Prabowo Subianto dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo diundang dialog Agromaritim dalam acara Food and Agriculture Summit (FAs) III oleh Himpunan Alumni (HA) IPB yang digelar mulai Senin (18/12/2023) malam ini hingga Selasa (19/12/2023) di International IPB Convention Center (IICC) Botani, Bogor, Jawa Barat.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

"Untuk undangan kami ada dua Paslon Capres yang akan hadir dalam acara FAS III dan dialog Capres, para Capres yang sudah konfirmasi hadir adalah  Paslon nomor urut 1 Bapak. Anies Rasyid Baswedan hadir malam ini," kata Ketua Alumni IPB Walneg S Jas, di lokasi, Senin 18 Desember 2023.

Capres Nomor 01 Anies Baswedan kampanye di Medan, Sumatera Utara

Photo :
  • Dok Anies Baswedan
Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin


Selain Anies, Paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengonfirmasi akan hadir besok Selasa 19 Des 2023 pukul 14.30 WIB - 16.30 WIB.

"Untuk Pak Ganjar besok akan hadir," kata Walneg.

Dan dalam dialog yang digelar IPB akan menyampaikan tema yang diberikan para Alumni IPB yakni Penyampaian Visi Kedaulatan Agromaritim untuk Indonesia Emas 2045. 


HA IPB saat ini masih menunggu konfirmasi dari Paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto yang diagendakan.

"Untuk pak Prabowo kami masih menunggu konfirmasi," jelasnya.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa


Seperti diberitakan sebelumnya, Walneg mengatakan, HA IPB telah menyampaikan undangan resmi kepada ketiga capres untuk diminta kesediaannya bisa hadir di acara  Dialog Calon Presiden RI 2024-2029 yang digelar HA-IPB.

Acara ini sangat penting untuk melihat dan mengetahui sejauh mana keberpihakan dan komitmen dari para Capres dalam program Kedaulatan Agromaritim, untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Dalam acara tersebut nantinya juga akan disampaikan 'Bedah Buku Putih' yang telah diluncurkan HA-IPB kepada para capres sebagai rekomendasi, kontribusi dan legacy IPB dan para alumninya untuk masyarakat, bangsa dan negara.

“Ini konsepnya dialog, peserta dan panelis akan bertanya soal konsep agromaritim setiap calon. Bila perlu kami juga akan memberikan gagasan soal itu," kata Walneg.

Adapun tujuan kegiatan ini menurutnya yaitu diseminasi atau publikasi gagasan yang ada di buku Alumni IPB berjudul "Buku Putih Gagasan Besar Alumni IPB untuk Kedaulatan Indonesia di bidang Pendidikan, Desa, Kewirausahaan dan Agromaritim".

Buku yang diluncurkan saat Reuni Akbar November kemarin ini memang ditujukan kepada capres. Agar siapapun yang terpilih bisa menjadikan buku ini salah satu pedoman merumuskan kebijakan. Apalagi tujuan Indonesia Emas 2045 itu susah terjadi bila tidak dipersiapkan lewat kebijakan yang benar.

"Hal ini diperlukan karena Indonesia itu luas dan kebanyakan kehidupan di agromaritim sehingga kebijakan harus berorientasi ke arah itu agar kesejahteraan masyarakat bisa terwujud," ujarnya.

Prabowo Subianto di GOR Soekarno-Hatta, Kota Blitar

Photo :
  • Istimewa


Lebih lanjut Walneg menegaskan acara ini tidak beragendakan mendukung salah satu capres. Tidak ada deklarasi dan sebagainya, murni mendengar capres dan memberikan juga capres gagasan soal agromaritim sebab masalah yang dimiliki saat ini perlu diselesaikan lewat gagasan yang baik.

"Lewat dialog kita bisa mendorong agar siapapun yang terpilih untuk membuat kebijakan yang menguntungkan masyarakat. Sehingga kita tidak perlu lagi impor, kita harus bisa hilirisasi di bidang agromaritim karena bila dilakukan bisa menambah nilai tambah secara cepat," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya