Mahfud MD Sebut Pemerintah Tak Akan Bangun Lagi Penampungan Pengungsi Rohingya

Menkopolhukam Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Bogor – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD menegaskan, pemerintah tidak akan lagi membangun penampungan sementara bagi pengungsi Rohingya

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud menyebutkan, pemerintah memiliki alasan tersendiri untuk tak lagi membangun tempat penampungan bagi etnis Rohingya. Ia juga mengatakan jumlah pengungsi Rohingya terus bertambah karena adanya jaringan mafia tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

"Tempat penampungan yang disediakan pemerintah di berbagai tempat itu sudah penuh. Meskipun baik masyarakat lokalnya seperti di Aceh itu menolak, sehingga kita tidak bangunkan lagi di sana tapi pasti demi kemanusiaan ditolong," kata Mahfud kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat, Rabu, 20 Desember 2023.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Menkopolhukam sekaligus bakal cawapres Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jaringan mafia TPPO tersebut, menurut Mahfud, dengan sengaja mengirimkan pengungsi etnis Rohingya ke Indonesia untuk kemudian diberangkatkan lagi ke negara lain.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Maka itu, Mahfud mengatakan pemerintah masih dalam tahap mengkaji terkait pencarian lokasi lain untuk menampung para pengungsi etnis Rohingya.

"Sekarang sudah ditampung sementara, tetapi yang lebih sementaranya, mungkin agak menengah, ini masih dibicarakan, dicari tempatnya, dicari biayanya, dan sebagainya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya