KPK Bakal Usut Transaksi Janggal terkait Kampanye Pemilu 2024

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku sudah menerima data transaksi mencurigakan terkait Pemilu 2024 dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). 

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, lembaganya bakal membahas tindak lanjut ihwal data tersebut. 

"Kemarin saya sudah terima dan kami tinggal perintahkan, pelajari, rencanakan tindak lanjutnya, dan bahas dengan pimpinan," kata Alexander di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Desember 2023.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Photo :
  • Antara

Namun Alex belum bisa berbicara banyak terkait data PPATK tersebut karena termasuk ke dalam informasi intelijen. 

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Tapi yang jelas kami sudah terima, KPK sudah terima laporan dari PPATK terkait dugaan terjadinya dana kampanye atau apa istilahnya, dan pimpinan sudah minta agar dipelajari, rencanakan dan bahas dengan pimpinan. Itu disposisi saya. Kalau yang lain masih ke luar kota," ujarnya. 

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md meminta Bawaslu dan KPK untuk menyelidiki dugaan transaksi janggal pada Pemilu 2024.

"Bawaslu harus menyelidiki itu dan mengungkap kepada publik. Kalau itu uang haram, biasanya pencucian uang. Tangkap. Supaya diperiksa rekening yang dicurigai menerima dana politik secara tidak sah," kata Mahfud beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya