Jokowi: RSUP di IKN untuk Pasien Jantung dan Stroke

Presiden Jokowi melakukan groundbreaking RSUP di IKN Nusantara
Sumber :
  • VIVA/Jhovanda

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Rabu, 20 Desember 2023. Selain itu, Jokowi menyebut sudah ada tiga rumah sakit yang dibangun swasta dan masih banyak yang antre.

OIKN Fasilitasi Ritual Adat Dayak dan Paser, Minta Restu Pembangunan IKN

Menurut dia, konsentrasi Rumah Sakit Umum Pusat di IKN Nusantara ini nantinya hanya penyakit jantung dan stroke. Namun, kata dia, kalau melihat kehijauan di IKN oksigennya banyak dan mestinya pikirannya senang sehingga stroke dan jantungnya menjauh.

“Karena apanya suasananya di sini adalah suasana hijau,” kata Jokowi.

Galangan Kapal Panji Gumilang Masih Disegel, Alvin Lim Kritik Pemkab Indramayu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan setelah meninjau Proyek Jalan Tol, IKN, Kalimantan Timur, Rabu, 1 November 2023.

Photo :
  • Antara

Memang, Jokowi selalu menekankan siapa pun yang membangun gedung di Ibu Kota Nusantara ini dengan konsep bangunan green building, termasuk lingkungannya harus hijau.

Frustasi Angka Kelahiran Rendah, Presiden Korsel Bentuk Kementerian Baru

“Siapa pun yang membangun di Ibu Kota Nusantara, gedungnya harus gedung hijau, green building, kemudian lingkungan yang hijau, lingkungannya juga harus lingkungan hijau, kawasannya semua memang harus kawasan hijau,” jelas dia.

Makanya, Jokowi juga akan melakukan penghutanan kembali reforestasi, melakukan penghijauan penananaman pohon-pohon endemik agar kawasan yang ada di Ibu Kota Nusantara ini menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau.

Presiden Jokowi tinjau pembangunan infrastruktur IKN

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

“Yang di negara manapun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau nusantaara ini. Ini nanti mestinya kalau sudah jadi semuanya, tidak ada lagi masyaraka kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang, ke Amerika untuk kesehatannya. Kita harapkan semuanya nanti bisa dilakukan di Indonesia, di Ibu Kota Nusantara khususnya,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya