142 Tersangka Teroris Ditangkap dari Sejumlah Wilayah Sepanjang 2023, Dua Tewas Ditembak

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • dok Polri

Jakarta -- Total sebanyak 142 tersangka teroris yang tersebar di sejumlah wilayah di Tanah Air ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri sepanjang 2023.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah

“Sebagai bentuk pengungkapan dan pencegahan tindak pidana teroris ada 142 tersangka yang diamankan Densus 88 sepanjang tahun 2023,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Ahmar Ramadhan kepada wartawan, Rabu, 20 Desember 2023.

Dari 142 tersangka, sebanyak 101 di antaranya masih dalam proses penyidikan, 23 tersangka berkasnya sudah lengkap alias P21. Kemudian, 16 tersangka dalam tahap pemeriksaan lalu dua tersangka tewas karena terlibat baku tembak dengan Densus 88 saat operasi.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Dari 142 tersangka teroris ini terbagi ke dalam beberapa kelompok teroris, mulai dari Jaringan Anshor Daulah (JAD), Negara Islam Indonesia (NII), Jamaah Ansharusy Syariah (JAS), Jamaah Islamiyah (JI), dan kelompok Abu Oemar (AO) tersangka yang diduga berencana menggagalkan Pemilu 2024.

Juru Bicara Densus 88 Anti-teror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar.

Photo :
  • ANTARA
5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

“Kemudian berdasarkan jenis kelamin tersangka, ada 138 pria dan 4 wanita. Beberapa, tersangka yang diamankan yang paling baru yaitu penangkapan di wilayah Jawa Tengah sebanyak 9 orang, di wilayah Sragen, Boyolali, dan sekitarnya ini dari kelompok JI,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Kemudian penangkapan dari kelompok NII sebanyak 3 orang, dan penangkapan dari kelompok AO terakhir dari Densus disampaikan sebanyak 49 tersangka diamankan di Bogor, kemudian Bekasi, dan Sukabumi.”

Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri, Komisaris Besar Polisi Aswin Siregar menambahkan dua tersangka tewas adalah teroris di Lampung, pada 12 April 2023. Saat operasi keduanya melakukan perlawanan. Alhasil, terjadi baku tembak hingga dua anggota Densus 88 pun terluka.

“Telah terjadi kontak tembak antara kelompok teroris JI di lampung dengan anggota Densus 88. Yang menyebabkan 2 tersangka teroris atas nama M alias DA dan ZK waktu itu meninggal dunia. Dimana korban waktu itu, terkena luka tembakan. Kemudian, dievakuasi waktu itu ada petugas medis lapangan yang kita datangkan saat terjadi luka bagi petugas kita,” ujar Aswin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya