Kapolri Sebut Ada 55.095 Kegiatan Ibadah Digelar pada Natal 2023

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit mengunjungi Gereja Katedral, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zendy Pradana

JakartaKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa sudah ada kurang lebih 55.095 kegiatan ibadah Natal di tahun 2023 yang telah dilaporkan. Semua pihak yang menggelar ibadah Natal akan menjadi tanggung jawab Polri dalam melakukan pengamanan.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"Sementara ada kurang lebih 55.095 kegiatan Ibadah Natal yang telah dilaporkan, dan ini juga tentunya menjadi bagian yang harus kita amankan," ujar Jenderal Listyo Sigit di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu, 24 Desember 2023.

Dia menjelaskan, per-hari ini Polri sudah mengamankan 39.495 gereja yang menggelar ibadah misa malam hingga perayaan hari Natal. Gereja itu semua berada di seluruh Indonesia. "Dan untuk hari ini ada kurang lebih 39.495 gereja yang saat ini kita amankan. Tentunya itu berada di seluruh Indonesia," ucap dia.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Gereja Katedral Jakarta

Photo :
  • VIVA / Willibrodus

Kapolri menyinggung soal Operasi Lilin tahun 2023. Dia menyebutkan, pengamanan di gereja-gereja ini menjadi salah satu sasaran dalam Operasi Lilin Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

"Baik dari sisi kesiapan anggotanya maupun ibadah itu sendiri yang kita harapkan tidak ada yang terganggu di dalam perayaan misa Natal," ujarnya..

Sigit menyebutkan turut melibatkan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) dalam melakukan pengamanan natal dan tahun baru.

"Tentunya kami dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI, kemudian rekan-rekan yang tergabung dalam ormas keagamaan yang ikut bergabung untuk membantu melaksanakan kegiatan pengamanan," kta Sigit.

"Ada ormas dari NU, Muhammadiyah, dan ormas-ormas Keagamaan lain. Ini menunjukkan bahwa toleransi beragama di Indonesia sangat luar biasa dan itu dibuktikan tanpa memandang agama dan suku," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya