Longsor di Kabupaten Madina, Jalur Natal-Penyabungan Terputus

Longsor terjadi di Kabupaten Madina, Sumut.
Sumber :
  • istimewa/VIVA

Medan - Longsor terjadi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Jumat malam, 22 Desember 2023. Imbas longsor itu membuat ruas jalan Pantai Barat yang menghubungkan Kecamatan Panyabungan dan Natal terputus.

1.200 Warga Mengungsi, 7 Tewas dan 15 Rumah Hanyut Akibat Banjir dan Longsor Hantam Luwu

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina, longsor terjadi di 2 titik, yakni Aek Inumon I dan Aek Inumon II. Adapun titik kedua berada di Kelurahan Tanobato, Kecamatan Panyabungan Selatan.

Kepala BPBD Madina, Mukhsin Nasution menjelaskan kondisi di titik pertama, material longsor menutup ruas jalan sepanjang 60 meter. Lalu, di titik kedua, kondisinya material longsor menutup jalan sepanjang 150 meter.

Banjir dan Tanah Longsor Terjang Sulsel, 8 Warga Meninggal Dunia

Menurut dia, petugas sudah lima hari melakukan evakuasi material dari lokasi longsor.

"Ini sudah hari kelima proses evakuasi material longsor,” kata Mukhsin, dalam keterangannya, Selasa 26 Desember 2023.

PKB Dorong Edy Rahmayadi Kembali Maju di Pilgub Sumut 2024

Ilustrasi longsor.

Photo :
  • BNPB.

Mukhsin menambahkan, material yang menutup jalan berupa lumpur, batu dan kayu. Kata dia, saat kejadian ada tiga mobil pribadi dan dua sepeda motor yang terjebak di antara dua titik longsor.

Petugas yang mengetahui hal itu langsung melakukan proses evakuasi. Totalnya ada 18 orang yang dievakuasi. Petugas sempat kesulitan karena mesti melewati material longsor yang tingginya ditaksir sampai lima meter. “Untuk korban jiwa nihil," ujar Mukhsin.

Pun, petugas masih berupaya di lapangan untuk melakukan evakuasi material longsor. Ada lima alat berat yang diturunkan untuk melakukan evakuasi.

“Kita berharap tidak ada longsor susulan. Apalagi ini masih hujan terus di sini. Ini menjadi tantangan kami. Kalau tidak ada longsor susulan, kami perkirakan besok sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat," jelas Mukhsin.

Sementara, arus lalu lintas dialihkan karena longsoran itu. Bagi pengendara dari arah Panyabungan ke Natal diimbau bisa mengambil jalur alternatif melalui Batangtoru - Hapesong - Danau Siais - Natal.

Pengendara disarankan juga bisa melintasi jalur melalui Panyabungan - Kotanopan - Panti - Air Bangih - Natal. Dia mengingatkan masyarakat agar waspada karena saat ini cuaca masih ekstrem

“Kami berharap masyarakat tetap berwaspada dengan bencana longsor. Saat ini cuaca di sini masih ekstrem. Hujan deras masih turun dengan intens,” kata Mukhsin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya