Profil Dr. Ian Montratama, Ahli Hubungan Internasional yang Jadi Panelis Debat Capres Ketiga

Dr. ian Motratama
Sumber :
  • Universitas Pertamina

VIVA Nasional – Komisi Pemilihan Umum Indonesia (KPU RI) akan kembali menyelenggarakan debat Calon Presiden (capres), yang akan diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu, 7 Januari 2024.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Dalam debat kali ini, KPU telah menetapkan 11 panelis yang akan menilai ketiga capres.

“Kami sudah mendapat konfirmasi dan kesediaan dari 11 orang panelis, debat ketiga nanti,” ujar Komisioner KPU August Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, dilansir Kamis, 4 Januari 2024.

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Debat capres perdana di kantor KPU, 12 Desember 2023.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tema debat kali ini berkisar di Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik, dan Politik Luar Negeri. “Kemarin kan posisinya empat tema. Pertahanan dan Keamanan, tetap jadi tema tersendiri, kemudian Hubungan Internasional, kami ekspan dengan Globalisasi. Kemudian Geopolitik sebagai isu tersendiri, kami ekspan dengan politik luar negeri. Jadi ada enam sub tema yang nanti dibahas di dalam debat ketiga pada tanggal 7 Januari,” lanjutnya.

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

Salah satu panelis dalam debat kali ini adalah Dr. Ian Montratama yang merupakan Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina.

Berikut profil singkat Dr. Ian Motratama

Dilansir dari website Universitas Pertamina, Ian Montratama menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi di Universitas Indonesia pada tahun 1999, kemudian mengambil pendidikan Magister di European Business (M.E.B.), EDHEC Lille, Prancis di 2000 – 2001.

Pada November 2013, ia pernah mengikuti program eksekutif di Naval Postgraduate School (NPS), Monterey, California, Amerika Serikat, dan menempuh jenjang S2 (Magister) pada September 2013 hingga Oktober 2014, dalam Program Pascasarjana dalam Strategi Perang Total (SPS), Universitas Pertahanan (UNHAN), Sentul, Indonesia.

Tak sampai di situ, pada tahun 2017 Ian menuntaskan Program Doktor dalam Hubungan Internasional dari Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung secara cum laude.

Kini, ia menjadi pengajar di program studi Hubungan Internasional di Universitas Pertamina.

Dr. ian Motratama

Photo :
  • Universitas Pertamina

Selain pengajar, pengalaman Ian Montratama juga patut diacungi jempol. Pada 2016, ia menjadi Lead Think-tank for Seminar Forum International Indo Defense 2016's material, Ditjen Pothan Kemhan RI via PT. Napindo Media Ashatama. Lalu sejak 2001 hingga kini menjadi Director of Operation, PT. Auvia Gaya Perkasa.

Pada 2014 hingga sekarang, ia bergabung di Associate Fellow Researcher for Security and Foreign Policy Analysis, Institute for Defense and Strategic Research (IDSR).

Dengan ilmunya, Ian turun untuk mengabdi di masyarakat pada 2019 sebagai Pelaksana Pembaharuan Taman Trotoar di Depan Kedutaan Besar Peru di Jakarta, sebagai bentuk Citizen Diplomacy Prodi HI Universitas Pertamina. Di 2020 ia juga bergabung dengan kelompok Pembangunan Rumah Belajar Kampung Nelayan Penjaringan Jakarta Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya