Bagi-bagi Beras dan Sepeda di Serang Banten, Jokowi Singgung Bantuan dari Pemerintah

Presiden Jokowi di Kabupaten, Serang, Banten.
Sumber :
  • Akun X @jokowi

Serang – Presiden RI Jokowi melakukan kunjungan kerja atau kunker ke Serang Banten dengan agenda bagi-bagi beras dan sepeda ke masyarakat. Aksi Jokowi bagi beras dan sepeda itu dilakukan di gudang Bulog Subdivre Serang, Senin siang, 8 Januari 2024.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat menanyakan apakah ada yang tak setuju dapat bantuan beras dari pemerintah. Tapi, semua masyarakat yang hadir menjawab setuju.

"Ada pendaftar baru, sehingga Januari ini bisa masuk mendapatkan. Nanti bapak ibu akan mendapatkan Januari, Februari, Maret. Setuju? Yang tidak setuju angkat tangan. Kalau APBN memungkinkan akan dilanjutkan April, Mei, Juni," kata Jokowi, di lokasi, Senin, 8 Januari 2024.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Jokowi saat bagikan bantuan beras di Serang tampak ditemani Menteri Peredagangan Zulkifli Hasan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo, Kepala Bulog Bayu Krisnamurthi, Pj Wali Kota Serang Yeri Rahmat hingga Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

Presiden Jokowi di Pasar Purworejo Jawa Tengah

Photo :
  • Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Menurut dia, cadangan beras pemerintah di Bulog tersedia 1,3 juta ton. Dengan jumlah itu dianggap masih aman. Dia menuturkan, beras itu juga digunakan untuk mengendalikan harga, jika harganya melambung tinggi di pasaran.

"Stok nya 1,3 juta ton. Jadi, untuk stabilitas kita harus punya stok di gudang Bulog. Ketika panennya gagal, Bulog bisa menutup," jelas Jokowi.

Pun, dia sempat menanyakan harga sembako dan kebutuhan dapur di Kota Serang, Banten. Kata Jokowi, dirinya dapat keluhan kalau harga cabai sedang mahal.

Dia menyarankan agar masyarakat gunakan pekarangan rumah dan pot sederhana, untuk menanam tomat maupun cabai. Dengan demikian, warga tak terpengaruh jika kedua harga bahan dapur itu mahal.

"Cabai sama tomat, bapak ibu bisa tanam sendiri, gampang banget. Dari dulu cabai tomat naik turun karena musim. Di pot juga bisa, di belakang rumah juga bisa," lanjut eks Gubernur DKI Jakarta itu.

"Saya kemangi nanam sendiri. Nanam sendiri itu kan. Ada kenaikan juga santai. Cabai naek santai, wong di belakang rumah ada cabai," jelasnya.

Sementara, Jokowi juga bagi-bagi sepeda ke warga Serang. Salah seorang yang dapat sepeda adalah warga Drangong, Uswatun Hasanah. Dia dapat satu unit sepeda setelah berhasil menghapal Pancasila.

"Grogi. Alhamdulillah kalau di kasih mah," kata Uswatun, di lokasi, Senin, 8 Januari 2023.

Begitu juga dengan warga Umbul Tengah, Kota Serang, Hamdani, yang berhasil jawab pertanyaan Jokowi tentang tiga nama pupuk yang biasa digunakan petani. "Urea, Phonska dan pupuk SP," jawabnya sambil kegirangan karena dapat sepeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya