Gibran Bahas Isu-isu Penting Maluku di Hadapan Raja-Raja

Gibran Bahas Isu-Isu Penting Maluku di Hadapan Raja-Raja
Sumber :
  • Dok.Istimewa

VIVA – Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka berbicara banyak hal terkait masalah-masalah yang sering menjadi isu khas daerah, terutama Indonesia Timur

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Hal ini disampaikannya saat bersilaturahmi dengan para Raja Maluku di Swiss-Bell Hotel Ambon pada hari Senin, 8 Januari 2024, setelah mendengar langsung aspirasi dari para raja. 

Gibran Bahas Isu-Isu Penting Maluku di Hadapan Raja-Raja

Photo :
  • Dok.Istimewa
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Kita ingin ada pemerataan pembangunan. Pembukaan akses baru, konektivitas, karena Maluku ini kepulauan. Jadi kita ingin ada titik pertumbuhan ekonomi baru. Jadi tidak hanya di Jawa,” kata Gibran. 

Pemerataan pembangunan tersebut, menurut Gibran, saat ini sudah dimulai. Kata Gibran, investasi yang ada di luar Pulau Jawa sudah di angka 53%.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

“Saat debat yang lalu saya katakan investasi yang ada di luar Pulau Jawa sudah di angka 53%. Jadi sudah mulai ada pemerataan. Sekarang (juga) ada IKN, IKN simbol pemerataan pembangunan. Kita pengen nanti yang ada di Maluku ini tersentuh,” jelasnya. 

Cawapres dari Prabowo Subianto ini juga menilai, Maluku memiliki banyak sekali potensi, mulai dari pariwisata, kelautan, dan hasil bumi. Khusus mengenai kelautan, Gibran menegaskan akan melakukan hilirisasi perikanan. 

Gibran Bahas Isu-Isu Penting Maluku di Hadapan Raja-Raja

Photo :
  • Dok.Istimewa

“Kita tidak mau lagi mengirim barang mentah. Kita pengen ada pabrik pengalengan. Cold Storage, gede, bisa menyimpan produk-produk dalam jangka waktu lama. Dan nati ]turunan dari produk-produk ikan akan menyelesaikan masalah di sektor lain,” jelasnya.

Terkait dengan masalah hukum adat yang sempat ditanyakan oleh salah seorang Raja, Gibran menegaskan pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan tokoh-tokoh adat. 

“Kita sedang siapkan beberapa solusi, termasuk masalah sertifikasi, redistribusi kepemilikan tanah. Lalu bagaimana nanti kita menyelesaikan masalah mafia tanah,” imbuhnya.

Dalam pertemuan tersebut, Gibran juga menekankan masalah peningkatan SDM di daerah-daerah, salah satunya dengan berinvestasi pada anak-anak Indonesia. 

“Saat ini investasi yang terbaik itu adalah investasi pada anak-anak.  Kita ingin Program Makan Siang Gratis ini bisa terlaksana. Karena menurut kami ini bukan pengeluaran anggaran. Namun sebuah Investasi menuju Indonesia Emas 2045. Kesempatan ini datang sekali dan takkan terulang lagi,” jelasnya. 

Di akhir pembicaraannya Gibran menegaskan bahwa Prabowo Gibran akan memberikan atensi khusus untuk daerah-daerah yang belum maksimal menikmati pemerataan pembangunan.

“Nanti akan lebih kami berikan atensi khusus. Terutama di Maluku ini. Sekali lagi, kita pengen tidak lagi fokus di Jawa saja. Kita pengen ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru,” tutup Gibran diiringi tepuk tangan para Raja Maluku. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya