Viral! Bangunan Nisan Kuburan di Kota Binjai Rusak, Besinya Dicuri

Bangunan kuburan dibongkar OTK di TPU di Kota Binjai
Sumber :
  • Istimewa

Medan – Sebuah video viral di media sosial menunjukkan batu nisan dan bangunan kuburan rusak dan hancur di pemakaman umum Kelurahan Mencirim Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. Mirisnya, batu nisan itu, besinya dicuri. 

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Seorang warga sekitar pemakaman, Ilham menyebutkan berdasarkan di lokasi ada sekitar 10 kuburan yang usak. Kemudian, besi bangunan kuburan itu, tidak diketahui alias dicuri. Ia datang ke pemakaman tersebut, melihat kuburan orang tuanya.

"Saya datang ke sini melihat kuburan orang tua saya. Karena sebelumnya ada berita viral soal kuburan yang dibongkar. Jadi saya datang ke sini melihat apakah punya orang tua saya kena apa tidak. Syukurnya tidak hancur kuburan orang tua saya," kata Ilham, kepada wartawan, Senin 8 Januari 2024.

Krisis Gaza Makin Dalam Saat Kuburan Massal Ditemukan di Tengah Pembicaraan Gencatan Senjata Israel

Ilustrasi kuburan di sebuah perkampungan.

Photo :
  • VIVAnews/Putra Nasution

Ilham menduga penghancuran bangunan kuburan itu, pelaku ingin mengambil besinya, untuk dijual kembali. "Yang diambil besi di dalam batu nisannya. Batu nisannya dihancurkan, dan besinya diambil," tutur Ilham. 

Kirim Gambar Kuburan di Chat, Anak Anggi Pratama: Daddy, Mami di Sini

Namun Ilham bersyukur, kuburan orang tuanya bukan salah satu yang ikut dibongkar. "Punya orang tua Alhamdulillah tidak ikut dibongkar," ujar Ilham. 

Ilustrasi Pemakaman di TPU Pondok Ranggon (viva.coid)

Photo :
  • VIVA.co.id/ Bobby Agung

Ilham berharap turun ke pemakaman tersebut, untuk melakukan penyelidikan dan meringkus pelaku pencuri besi batu nisan tersebut. Agar memberikan efek jera.

"Hal ini merugikan dan meresahkan masyarakat. Kalau bisa pelakunya ditangkap secepatnya," ucap Ilham.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya