Gus Kikin Gantikan Kiai Marzuki Mustamar jadi Ketua PWNU Jatim, Ini Sosoknya

SekJen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di acara shalawatan di Surabaya.
Sumber :
  • istimewa/Nur Faishal

Surabaya – Rapat gabungan Syuriah dan Tanfidziah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU, menunjuk KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin menjadi Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama, PWNU Jawa Timur, menggantikan KH Marzuki Mustamar yang dicopot dari jabatannya beberapa pekan lalu.

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

“Alhamdulillah rapat gabungan siang tadi bulat menetapkan Gus Kikin menjadi Pj Ketua PWNU Jatim menggantikan KH Marzuki Mustamar,” kata Sekretaris Jenderal PBNU, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartawan pada Rabu, 10 Januari 2024.

Gus Kikin adalah cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama atau NU, KH Hasyim Asy'ari, yang kini menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Gus Kikin akan mengemban sebagai Ketua PWNU Jatim hingga Konferensi Wilayah digelar yang jadwalnya pada Maret 2024.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Adapun masa khidmat Kiai Marzuki sebetulnya sudah berakhir pada September 2023. Namun PBNU memperpanjang masa khidmat kepengurusan PWNU Jatim hingga Maret 2024. Belum juga SK perpanjangan berakhir, PBNU mencopot Kiai Marzuki dari jabatannya sebagai Ketua PWNU Jatim.

Nah, PBNU kemudian menggelar rapat gabungan syuriah dan tanfidziyah untuk menentukan pengganti Kiai Marzuki. Hadir dalam rapat itu, yakni Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar yang memimpin langsung jalannya rapat dan Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. Rapat bulat memutuskan menunjuk Gus Kikin sebagai pengganti Kiai Marzuki.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto sebut 3,2 Juta Orang Indonesia Main Judi Online

Gus Ipul menegaskan, alasan pemberhentian Kiai Marzuki dari posisi pimpinan PWNU Jatim adalah urusan internal dan bukan konsumsi publik. Mantan Wakil Gubernur Jatim 2 periode itu juga menegaskan bahwa pencopotan Kiai Marzuki sudah memenuhi syarat dan sesuai aturan di Perkumpulan NU. 

"Jangan paksa kami membuka alasannya ke publik,”ujarnya.

Gus Ipul menuturkan, pemberhentian Ketua PWNU di Jatim tidak hanya kali ini saja. Sebelumnya, KH Ali Maschan Moesa juga pernah diberhentikan PBNU dari posisinya sebagai Ketua PWNU Jatim. Saat itu, Kiai Ali Maschan Moesa menerima keputusan PBNU dan sampai kini tetap aktif sebagai pengurus di PWNU Jatim.

Adapun penunjukan Gus Kikin sebagai pengganti Kiai Marzuki, berdasarkan pertimbangan matang dan beberapa alasan. Pertama, kata Gus Ipul, Gus Kikin berpengalaman dan kini menjadi salah satu Ketua PBNU.

"Apalagi beliau saat ini juga pengasuh pesantren Tebuireng dan juga cucu Hadratussyaikh," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya