Pimpin PWNU Jatim Gantikan KH Marzuki Mustamar, Gus Kikin Ikut Putusan PBNU

KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin ditunjuk sebagai PWNU Jatim
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama

Jombang – Kiai Haji Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin ditunjuk sebagai nahkoda baru memimpin Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim). Cicit pendiri NU Hadratussyaikh Kiai Haji Hasyim Asyari itu dipercaya menjadi ketua PWNU setelah dilakukan rapat gabungan Syuriyah dan Tanfidziyah Pengurus Besar NU (PBNU).

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Ditemui di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Gus Kikin mengaku sebelumnya sudah mendengar pembicaraan terkait namanya yang diajukan sebagai pengganti Kiai Haji Marzuqi Mustamar sebagai ketua PWNU Jatim.

Gus Kikin saat itu menanggapi dengan dingin dengan menganggapnya sebagai tawaran biasa saja. Karena dirinya sebelum ditunjuk sebagai ketua PWNU Jatim, merupakan salah satu pengurus PBNU sekaligus pernah menjadi pengurus PWNU Jatim. 

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin ditunjuk sebagai PWNU Jatim

Photo :
  • VIVA/Uki Rama

"Ya sebetulnya pembicaraan-pembicaraan itu sebenarnya saya kebetulan ada di Jombang, termasuk dalam lingkup Tebuireng, dan diajak bicara," kata Gus Kikin, Kamis, 11 Januari 2024.

PBNU Harap Amicus Cuarie Diajukan Megawati Tak Munculkan Kontroversi Berkelanjutan

"Kalau bagi saya, ya itu (penunjukan ketua PWNU Jatim) penawaran-penawaran biasa saja. Saya dulunya ya dari PWNU Jatim, kemudian ke PBNU. Nah itu sebenarnya proses-proses biasa saja," tambah Gus Kikin. 

Secara pribadi, Gus Kikin mempersilahkan siapa saja untuk menjadi ketua PWNU Jatim, setelah pencopotan KH Marzuqi Mustamar. Sejak awal dia menegaskan tidak memiliki ambisi khusus menjadi Ketua PWNU Jatim. Namun, ketika kepercayaan itu datang dia akan menjalankan dengan amanah. 

"Bagi saya, kalau ada yang lain yang bersedia menggantikan itu akan bagus bagi saya, mungkin saya gak usah (jadi ketua PWNU Jatim). Tapi karena pertimbangan- pertimbangan segala macam, akhirnya PB memutuskan saya yang menjabat di situ. Ya sudah kalau memang itu keputusan dari rapat, gabungan, itu kan lengkap yang di Jakarta itu. Ya sudah, saya akan ikut keputusan rapat gabungan ini," tutur Gus Kikin. 

Kiai Haji Marzuki Mustamar.

Photo :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Sebelumnya, PBNU resmi menunjuk KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) sebagai Pj Ketua PWNU Jatim  menggantikan KH Marzuki Mustamar. Gus Kikin akan menjabat hingga diselenggarakannya Musyawarah Wilayah NU Jawa Timur yang rencananya akan digelar pada Maret 2024 mendatang.

KH Marzuki Mustamar dicopot sebagai Ketua PWNU Jatim tersebut berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (SK PBNU) Nomor: 274/PB.01/A.II.01.44/99/12/2023.

Surat tertanggal 16 Desember 2023 itu diteken oleh Rais Aam PBNU Kiai Haji Miftachul Akhyar, Katib Aam Kiai Haji Akhmad Said Asrori, Ketua Umum PBNU Kiai Haji Yahya Cholil Staquf, dan Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya