Jokowi Tak Mau Lagi Nilai Gaya Debat Gibran

Presiden Jokowi di Lanud Halim Perdanakusumah
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Putra sulung Presiden Jokowi, yaitu Gibran Rakabuming Raka menjadi sorotan lantaran gayanya saat debat cawapres yang menuai pro dan kontra di masyarakat. Presiden Jokowi pun enggan mengomentari atau menilai gaya debat Gibran ke depannya.

Galangan Kapal Panji Gumilang Masih Disegel, Alvin Lim Kritik Pemkab Indramayu

"Saya enggak mau menilai lagi," kata Jokowi usai jawab pertanyaan awak media soal penilaian masyarakat yang menganggap Gibran kurang sopan saat Debat Pilpres 2024 keempat di Pangkalan TNI AU Halim, Jakarta, Rabu, 24 Januari 2024.

Presiden Jokowi di Lanud Halim Perdanakusumah

Photo :
  • Istimewa
Frustasi Angka Kelahiran Rendah, Presiden Korsel Bentuk Kementerian Baru

Jokowi pun mengatakan tak mau lagi memberi penilaian dalam debat Pilpres 2024 karena takut menimbulkan perdebatan lainnya. "Menilai-nilai nanti jadi debat yang kedua," ucapnya.

Diketahui, momen Gibran mengeluarkan gimmick mencari-cari jawaban yang telah diberikan cawapres nomor urut tiga Mahfud MD tengah jadi perhatian. Saat itu, Gibran bertanya ke Mahfud soal cara mengatasi green inflation.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Mahfud MD menjawab green inflation yang dimaksud Gibran sama dengan ekonomi hijau. Pun, selesai menjawab, Gibran memperagakan celingak-celinguk mencari jawaban Mahfud MD.

“Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud. Saya nyari-nyari di mana ini jawabannya? Kok enggak ketemu jawabannya? Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau,” kata Gibran, Minggu, 21 Januari 2024.

Gibran juga beberapa kali sempat menyentil Cak Imin saat debat. Salah satunya terkait pemakaian botol plastik di kubu Anies Baswedan-Cak Imin. Padahal, tema debat keempat salah satunya membahas soal ramah lingkungan.

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat keempat Pilpres 2024.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Di sisi lain, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming buka suara soal gimmick yang ditampilkan Gibran dalam debat keempat pada Minggu malam, 21 Januari 2024. Gimmick Gibran yang ditujukan untuk cawapres Mahfud MD itu jadi sorotan.

Dalam debat itu, Gibran memperagakan gimmick seolah-olah cari jawaban untuk menyindir Mahfud MD. Wali Kota Solo itu melakukan demikian karena merasa tak puas dengan jawaban Mahfud MD soal green inflation atau inflasi ramah lingkungan.

Terkait itu, Sekretaris TKN Nusron Wahid mengatakan gimmick Gibran merupakan bagian dari gaya komunikasi sebagai orang Jawa.

"Saya anggap, gimik, gimik semalam itu bagian dari intermezzo, bagian dari gaya komunikasinya Mas Gibran sebagai orang Jawa," kata Nusron dalam konferensi pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Senin, 22 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya