Dinas PUPR Manggarai NTT Perbaiki Jalan di Lokasi Kampanye Ganjar, Golkar Sewot

Baliho Ganjar-Mahfud jelang kampanye di Ruteng Manggarai, Jumat.
Sumber :
  • Jo Kenaru

Manggarai  –  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur mengerahkan alat berat dan truk ke Stadion Golo Dukal tempat pelaksanaan kampanye calon presiden Ganjar Pranowo.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Proyek dadakan ini dikebut sehari jelang pelaksanaan kampanye persis bersamaan dengan kesibukan panitia kampanye menyiapkan panggung dan memasang peralatan sound system di dalam stadion. 

Terpantau pada Kamis 25 Januari 2024 siang sekitar pukul 13.30 WITA, tampak Kepala Dinas PUPR Manggarai, Lambertus Paput didampingi Kepala Bidang Bina Marga, Wilfridus Epid Turuk sibuk mengarahkan operator alat berat dan supir dump truck.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Kedua ASN itu mengawasi pekerjaan hampar dan penggilasan pasir di jalan masuk dan halaman parkir lokasi kampanye yang becek.

Kadis PUPR Manggarai Lambertus Paput mengawasi pekerjaan lokasi kampanye Ganjar

Photo :
  • Jo Kenaru
Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Dari berbagai gambar beredar tampak Lambertus Paput dan Epid Turuk memakai pakaian bebas kendati saat itu masih jam kantor. Kadis Paput  memakai kemeja cokelat dan celana jeans biru serta menggunakan payung.

Sejumlah wartawan yang memantau Lambertus pada pukul 13.30 WITA, kompak memuat berita. Pemberitaan terkait Lambertus dan Epid Turuk memimpin pekerjaan di lokasi kampanye pun viral. 

Tampaknya, akibat pemberitaan itu membuat Lambertus Paput kemudian memerintahkan operator alat berat dan supir truk berhenti bekerja dan meninggalkan areal stadion. Termasuk Lambertus Paput sendiri ngacir dengan mobilnya.

Dikonfirmasi VIVA pada Kamis malam, Lambertus membenarkan dirinya hadir di lokasi kampanye untuk mengawasi beberapa peralatan yang dikerahkan untuk kegiatan perataan jalan dan penyiraman pasir pada area parkir yang becek.

Kadis Lambertus mengaku peralatan milik Dinas PUPR berupa loader dan dump truck disewa oleh panitia kampanye untuk pengerjaan di jalan masuk dan parkiran stadion.

"Sewa pakai kakak," jawabnya singkat.

Lambertus juga mengatakan bahwa pekerjaan perbaikan jalan rusak di lokasi kampanye yang juga merupakan aset daerah itu tidak menggunakan APBD melainkan dibiayai panitia. "Malam kakak tidak ada uang APBD," jawabnya singkat.

Sementara Ketua panitia kampanye Ganjar-Mahfud, Wilibrodus Kengkeng sendiri mengaku tidak mengetahui perbaikan jalan masuk ke tempat kampanye melibatkan ASN sekelas kepala dinas.

Ia mengaku hanya mendapatkan tugas dari sekretariat untuk mendatangkan massa dan menyiapkan makanan plus minuman saat kampanye besok.

“Saya tidak tahu. Saya hanya mendapat tugas mendatangkan massa dan urus makan minum untuk kampanye besok” terang Wilibrodus Kengkeng kepada wartawan.

Jalan becek di lokasi kampanye Ganjar disirami pasir oleh Dinas PUPR Manggarai.

Photo :
  • Jo Kenaru

Dikecam DPRD 

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Manggarai, Yoakim Jehati mengecam Pemda Manggarai memperbaiki jalan masuk ke Stadion Golo Dukal Ruteng sehari jelang pelaksanaan kampanye capres Ganjar Pranowo.

Yoakim yang adalah Ketua DPC Partai Golkar Manggarai itu mengecam Kadis PUPR Lambertus Paput yang menurunkan alat berat untuk menata jalan masuk menuju tempat kampanye.

Menurutnya, sangatlah terpuji jika perbaikan jalan itu demi kepentingan umum tapi kata dia, kalau semangatnya untuk menyambut kedatangan Ganjar Pranowo maka itu terkategori pelanggaran pemilu.

“Pada saatnya kita akan meminta pertanggung jawaban Dinas PUPR terkait anggaran yang dikeluarkan. Sangat disayangkan pengerjaan ini dilakukan dalam rangka kampanye capres. Ini memang harus dipertanggung jawabkan karena pada prinsipnya anggaran yang keluar dari pemerintah daerah harus mampu dipertanggungjawabkan karena itu anggaran kepentingan rakyat, bukan anggaran kampanye," tekan Jehati.

“Kita sebenarnya mengapresiasi dan mendukung penuh langkah yang ditempuh Pemda Manggarai. Tetapi sayangnya langkah itu dilakukan jelang kampanye capres. Apa maksud?” tandas Yoakim.

Terkait pelibatan ASN jelang pelaksanaan kampnye capres, Yoakim mendesak Bawaslu Manggarai untuk mendalami.

"Sudah masuk ranah pelanggaran karena ada pelibatan ASN dan peralatan milik pemda maka seharusnya Bawaslu Manggarai segera melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang terlibat," tutup Yoakim.

Dalam jadwal, capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo akan berorasi di hadapan ribuan pendukungnya di Stadion Golo Dukal pada Jumat pagi 26 Januari 2024. Sebelum ke lokasi kampanye, mantan Gubernur Jawa Tengah itu diagendakan bertemu Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat.

Laporan: Jo Kenaru/ NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya