Pembebasan Pilot Susi Air Masih Tahap Negosiasi, Pj Bupati Nduga Turun Tangan

Pilot Susi Air Philip di tengah anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua Pegunungan.
Sumber :
  • ANTARA

Papua – Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz 2024 terus berupaya melakukan pembebasan Pilot Susi Air Capt Philip Matk Marthens yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Nduga Pimpinan Egianus Kogoya sejak bulan Februari 2023 lalu.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Kasatgas Humas Damai Cartenz 2024 AKBP Dr. Bayu Suseno menegaskan, proses negosiasi komunikasi masih dilakukan kepada Egianus Kogoya oleh pemerintah setempat untuk pembebasan pilot susi air, Kamis 1 Februari 2024.

"Saat ini yang dikedepankan untuk negosiasi dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) oleh Pj. Bupati Nduga, Edison Gwijangge. Ia memiliki kedekatan dan kekerabatan dengan Egianus Kogoya," tegas Bayu.

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Kasatgas Humas Damai Cartenz 2024 AKBP Dr. Bayu Suseno

Photo :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Lebih lanjut, AKBP Bayu juga menyampaikan berbagai komunikasi telah dilakukan namun belum ada kesepakatan.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

"Berbagai upaya komunikasi sudah dibuka oleh Pj. Bupati Edison Gwijangge, namun sampai hari ini belum ketemu kesepakatan pembebasan pilot Susi Air," lanjutnya.

Bayu mengatakan, berbagai upaya yang dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz untuk pembebasan seperti mengedepankan Soft Approach.

"Kami dari Satgas Damai Cartenz 2024 mengedepankan upaya soft approach terlebih dahulu karena pertimbangan kemanusiaan dan keselamatan pilot itu sendiri," tutup Bayu.

Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani berharap Capt Philip Mark Marthens agar segera dibebaskan dalam keadaan sehat.

"Kita berharap agar Pilot Susi Air Capt Philip Mark Marthens yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bisa dibebaskan sehingga bisa kembali ke Negaranya dalam keadaan sehat terutama kepada keluarganya," kata Faizal.

Sebagai diketahui, pada 7 Februari 2024 nantinya tepat 1 tahun Pilot Susi Air Capt Philip Mark Marthens di sandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)  yang mendarat di Bandar Udara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada 7 Februari 2023 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya