Sandiaga Uno Buka Suara Atas Kejadian Speedboat Terbalik di Perairan Derawan

Speedboat di Pulau Maratua Terhantam Ombak, 2 Turis Meninggal
Sumber :
  • RRI

VIVA –  Pada Sabtu, 10 Februari 2024, sebuah speedboat (kapal motor) yang mengangkut wisatawan dari Tarakan, Kalimantan Utara yang sedang berlibur di Pulau Derawan, Kalimantan Timur, terbalik di perairan Maratua.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Sebuah video yang tersebar di media sosial menunjukkan speedboat tersebut terbalik di tengah laut setelah mengalami kecelakaan. Di sekelilingnya, beberapa speedboat tampaknya berusaha membantu.

Dalam insiden itu, 24 turis berhasil selamat, tetapi dua lainnya dilaporkan meninggal. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berduka atas peristiwa tersebut.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Speedboat di Pulau Maratua Terhantam Ombak, 2 Turis Meninggal

Photo :
  • RRI

"Kami tentunya sangat prihatin dan ikut berduka dengan peristiwa speedboat yang terbalik di perairan Maratua. Kebetulan saya sedang merencanakan ke Kepulauan Derawan, dan ternyata terjadi peristiwa ini," ujar Sandiaga Uno dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno (yang digelar secara hybrid) di Jakarta, Senin, 12 Februari 2024.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Menparekraf akan menjadikan peristiwa itu sebagai pelajaran berharga bagi bisnis pariwisata untuk lebih memperhatikan aspek keselamatan bagi wisatawan. 

"Pastinya ini akan menjadi pelajaran bagi kami semua untuk lebih mengedepankan aspek keselamatan keamanan dan CHSE dalam seluruh lingkup pariwisata dan ekonomi kreatif kita. Wisatawan akan merasa lebih nyaman jika situasinya aman,” ucap Sandi.

Dia menambahkan, "Kami akan menindaklanjuti dengan dinas terkait dan juga dengan aparat, agar hal ini tidak terjadi lagi. Kami sudah berkali-kali mengingatkan untuk terus bisa meningkatkan kepatuhan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap unsur keselamatan."

Pulau Maratua

Photo :
  • http://harrismaul.com/

Menurut informasi yang dikumpulkan oleh RRI Tarakan pada hari Sabtu, speedboat yang membawa wisatawan pertama kali berangkat dari Tarakan menuju Pulau Derawan pada Jumat siang, 9 Februari 2024, sekitar pukul 14.00 Wita.

Setelah bermalam di Pulau Derawan, pada hari Sabtu, speedboat kembali dari Derawan menuju Pulau Maratua. Namun, Speedboat tersebut terbalik karena ombak di tengah jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya