Tito Karnavian Serah Terima Jabatan Menko Polhukam ke Hadi Tjahjanto

Dok. Istimewa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sekaligus Plt Menko Polhukam, Tito Karnavian melakukan serah terima jabatan (sertijab) kepada Hadi Tjahjanto usai resmi menjabat Menko Polhukam secara definitif. 

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

"Tadi kita sudah mengikuti acara pelantikan bapak Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam yang definitif. Dengan adanya pelantikan tersebut maka tugas saya selaku Pelaksana Tugas Menko Polhukam yang sudah saya jalani selama lebih kurang 19 hari, semenjak Keppres keluar tanggal 2 Februari. Itu berarti saya sudah menyelesaikan tugas tersebut dan menyerahkan kepada Menko Polhukam Bapak Hadi Tjahjanto yang definitif," kata Tito dalam pidatonya di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Februari 2024.

Tito menyebutkan, ada beberapa tugas penting yang menjadi fokus di Kementerian Polhukam, di antaranya yaitu soal utang BLBI dan penyelesaian kasus dugaan pelanggaran HAM.

Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

Hadi Tjahjanto dilantik Jokowi jadi Menko Polhukam.

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

"Juga ada beberapa yang menjadi pekerjaan rumah yang belum tuntas. di antaranya mengenai masalah BLBI ya, adanya satgas BLBI, kemudian juga ada masalah penyelesaian kasus-kasus dugaan pelanggaran HAM melalui mekanisme non yustisi," kata Tito.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Di sisi lain, Tito menyebutkan, tugas utama Polhukam dalam beberapa hari ke belakang ialah melancarkan pesta demokrasi yang digelar pada 14 Februari 2024 lalu.

"Pada saat kami mengawali tugas tanggal 3 Februari, semua energi kita fokus saja pada satu yaitu membantu para penyelenggara pemilu dan pengawas Pemilu untuk mengamankan dan melancarkan jalannya pemilu," katanya. 

"Dan alhamdulillah Pemilu berjalan relatif aman, lancar dan kemudian ya ini dilaksanakan the biggest one day election in the world ya, Pemilu terbesar satu hari seluruh dunia," imbuhnya. 

Pada kesempatan yang sama, Hadi bakal menjalankan seluruh tugas sebagai Menko Polhukam dengan baik. Ia memastikan setiap situasi akan berjalan sesuai dengan prinsip untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. 

"Oleh karena itu, saya harus menjaga situasi ini, situasi yang sangat kondusif ini dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip adalah menjaga persatuan dan kesatuan antar anak bangsa agar proses pembangunan yang sedang berjalanan ini dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan sedikit pun," ujarnya.

Sebagai informasi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara pada Rabu, 21 Februari 2024.

Selain itu, Jokowi juga melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pengangkatan Hadi dan AHY sebagai Menko Polhukam serta Menteri ATR/Kepala BPN berdasarkan Keputusan Presiden atau Keppres Republik Indonesia Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju sisa jabatan Periode tahun 2019-2024. Adapun Keppres ditandatangani Presiden Jokowi pada 20 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya