Dakwah Persatuan: Kemenag Gandeng BKM Sebarkan Pesan Damai di Mimbar Jumat dan Tarawih

Ilustrasi umat muslim menunaikan ibadah salat tarawih.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim

Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) melakukan penggabungan ribuan pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) menjelang Ramadhan 1445 H/2024 M. Saat ini, jumlah total BKM Daerah mencapai 23.125.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, mendorong BKM Daerah untuk mulai melaksanakan program-programnya. 

Selaku Ketua Umum BKM Pusat, Kamaruddin mendorong agar lembaga BKM di tingkat daerah aktif dalam penyelenggaraan syiar agama di masjid dan musala.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin

Photo :
  • Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama

Kamaruddin juga mengajak BKM untuk melaksanakan safari Ramadan serta menjalin silaturahmi dengan organisasi keagamaan lainnya dan melakukan audiensi dengan pemerintah daerah. 

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

“Kita mendorong kepada pengurus BKM dapat membuka komunikasi, audiensi, atau sosialisasi dengan pemerintah daerah setempat/forkopimda/ormas terkait telah hadirnya BKM daerah dan siap berkolaborasi lebih jauh,” ujar Kamaruddin saat Coffee Morning BKM di Jakarta, Rabu 28 Februari 2024.

Ilustrasi umat muslim menjalankan ibadah salat Tarawih.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

Sebagai Ketua Harian BKM Pusat, Adib, yang juga Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, menekankan pentingnya kontribusi BKM dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi umat setelah pemilu. 

Adib menyoroti bahwa BKM perlu mengambil bagian aktif dalam mengisi mimbar tarawih Ramadan atau khutbah Jumat dengan menyampaikan pesan-pesan perdamaian. 

“BKM provinsi, kabupaten/kota, hingga kecamatan, kelurahan/desa juga harus mengisi mimbar kultum tarawih dan khotbah Jumat dengan membawa pesan-pesan persaudaraan dan kerukunan/perdamaian. Contoh khutbah tersebut dapat diakses di aplikasi PUSAKA dan Elipski,” tutur Adib.

“Kita meminta BKM provinsi untuk melakukan kegiatan Pembinaan SDM Kemasjidan atau pelatihan manajemen masjid, yang dirangkai dengan Rakerda BKM provinsi, dan melibatkan peserta dari BKM provinsi dan kabupaten/kota,” sambungnya.

Lebih dari 1.000 peserta menghadiri acara Coffee Morning BKM, yang terdiri dari pengurus BKM pusat, BKM provinsi, BKM kabupaten/kota, BKM kecamatan, dan BKM kelurahan/desa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya