AHY Bakal Petakan Lahan Food Estate hingga Pengadaan 3 Juta Rumah Lewat Bank Tanah

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) perdana kunjungan ke IKN
Sumber :
  • Dok AHY

Jakarta - Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan bahwa kementeriannya bakal memetakan kebutuhan lahan untuk sejumlah program pemerintah mulai dari program ketahanan pangan (food estate) hingga pengadaan jutaan rumah.

Minister Predicts Economic Growth to Reach 5.17 Percent in 2024 Q1

"Kita sekali lagi akan pecahkan masalahnya dengan baik, tidak mungkin ada satu yang mendapatkan, satunya lagi ditinggalkan--itu tidak mungkin. Jadi kita harus menentukan prioritas. Dan ini tugas bersama, pemerintahan berikutnya dan kita harus mempetakan sejak sekarang, ini adalah masa transisi yang baik, tujuh-delapan bulan ke depan ini, kita harapkan agar keberlanjutan, kesinambungan program, kebijakan-kebijakan termasuk penyediaan dan pengadaan lahan," kata AHY dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024.

"Baik itu untuk infrastruktur, baik proyek strategis nasional, baik juga untuk ketahanan pangan tadi (food estate), lalu untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya, sesuai dengan prioritas yang akan dijalankan pemerintah hari ini dan ke depan," ujarnya.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

IKN Nusantara.

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Di sisi lain, AHY menyebut dengan adanya bank tanah, Kementerian dapat membantu memetakan kebutuhan lahan untuk program-program tersebut. Nantinya, lanjut AHY, lahan yang tidak termanfaatkan akan dikonsolidasikan dengan bank tanah untuk kemudian dipetakan sesuai kebutuhan.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

"Jadi itu yang bisa kita lakukan, yang jelas kita sekarang punya badan bank tanah. Ini salah satu, upaya yang kita lakukan, ini menjadi amanah dari Undang-Undang Cipta Kerja, di mana lahan-lahan terlantar, baik itu eks HGU atau eks HGB atau lahan yang tidak termanfaatkan dengan baik selama ini, lalu kita konsolidasikan dengan badan bank tanah, kita petakan kebutuhan," kata dia.

Ketua Umum Partai Demokrat itu juga memaparkan lahan di IKN yang penataannya didukung oleh bank tanah. Menurut dia, adanya bank tanah merupakan terobosan baru dalam persoalan penataan lahan.

"Salah satu produk yang bisa kita laporkan saat ini bank tanah yang bisa men-support di kawasan IKN ada 4 ribu sekian hektar, yang kita siapkan menjadi bank tanah, 300 sekian hektar disiapkan untuk bandara, sedangkan yang lain di sekitarnya menjadi supporting system yang menjadi kebutuhan bagi otoritas IKN," kata AHY.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) perdana kunjungan ke IKN

Photo :
  • Dok AHY

Ia pun mengaku sudah berkonsultasi untuk segala kebutuhan dalam rangka mempersiapkan lahan tersebut. Ia pun berharap agar Kementerian ATR/BPN dapat berkontribusi untuk menghadirkan lahan-lahan terlantar.

"Kita ingatkan kepada seluruh jajaran ATR/BPN untuk berlomba-lomba dalam berkontribusi menghadirkan lahan-lahan terlantar dan mengonsolidasikan itu semua kepada bank tanah dan itu menjadi prestasi bagi kami di lapangan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya