Tarekat Naqsabandiyah Tetapkan 1 Ramadhan Pada 10 Maret 2024

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah di Deli Serdang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putra Nasution (Medan)

Sumatera Utara  – Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah, di Sumatera Utara, menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah, pada Minggu 10 Maret 2024. Dengan begitu, maka besok jamaah ini sudah dimulai menjalankan ibadah puasa.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

"1 Ramdhan hari Minggu tanggal 10 Maret 2024," ucap jemaah Naqsabandiyah, Syekh Muda Markum, saat dikonfirmasi VIVA, Sabtu 9 Maret 2024.

Syekh Muda Markum mengungkapkan, nanti malam Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara, akan menggelar salat tarawih, di Marendal, Kabupaten Deliserdang.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

"Malam Minggu salat tarawih kita sudah gelar," jelas Syekh Muda Markum,

Penetapan 1 Ramadan 1445 Hijriah ini, Syekh Muda Markum mengungkapkan berdasar perhitungan Hisab Qomariah yang dilaksanakan di Pesantren Pusat, di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

"Hisab di laksanakan oleh majelis fatwa dan Dewan Mursyidi," jelas Markum.

Seperti diketahui, Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan awal 1 Ramadhan 1445 Hijriah bertepatan 11 Maret 2024.

Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti menuturkan, keputusan penetapan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal Hakiki. Metode itu dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Sementara penentuan awal Ramadhan 1445 H versi pemerintah akan ditetapkan melalui Sidang Isbat awal Ramadhan 1445 H pada 10 Maret 2024. Sidang isbat akan memutuskan apakah puasa Ramadhan tahun ini akan dimulai pada 11 atau 12 Maret. 

Metode penentuan isbat Ramadhan didahului proses pengamatan hilal yang dilakukan di sejumlah titik lokasi di seluruh Indonesia. Penetapan isbat mengacu kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya