Ini Isi Surat Edaran Menag Imbau Tarawih Gunakan Speaker Dalam Masjid

Menag Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang mengatur pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi. SE ini juga mencakup ketentuan terkait penggunaan pengeras suara di masjid dan musala.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Peraturan tentang penggunaan pengeras suara selama Ramadan tersebut dijelaskan dalam SE Menag Nomor 1 Tahun 2024 mengenai Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, "Umat Islam diminta untuk tetap memelihara persatuan dan toleransi dalam menghadapi potensi perbedaan penetapan awal bulan Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi," melalui keterangan tertulis pada Rabu, 6 Maret 2024 lalu.

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Masjid Raya Sumatera Barat. (Ilustrasi)

Photo :
  • https://factsofindonesia.com/

Dalam SE Menag Nomor 1 Tahun 2024 disebutkan imbauan untuk tetap mempedomani SE Menag tentang penggunaan pengeras suara di masjid dan musala. Sebagaimana yang tertuang dalam SE Menag Nomor 5 Tahun 2022.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

"Umat Islam dianjurkan untuk mengisi dan meningkatkan syiar pada bulan Ramadan dengan tetap mempedomani Surat Edaran Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala," tulis Menag dalam Surat Edaran itu.

Aturan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala

Dikutip dari SE Menag Nomor 5 Tahun 2022, berikut ketentuan tata cara penggunaan pengeras suara di masjid dan musala selama bulan Ramadan:

Tata Cara Penggunaan Pengeras Suara:

Waktu Salat Subuh:

  • Sebelum azan pada waktunya, pembacaan Al-Qur'an atau selawat/tarhim dapat menggunakan Pengeras Suara Luar dalam jangka waktu paling lama 10 (sepuluh) menit.
  • Pelaksanaan salat Subuh, zikir, doa, dan kuliah Subuh menggunakan Pengeras Suara Dalam.
  • Waktu Salat Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya:

  • Sebelum azan pada waktunya, pembacaan Al-Qur'an atau selawat/tarhim dapat menggunakan Pengeras Suara Luar dalam jangka waktu paling lama 5 (lima) menit.
  • Sesudah azan dikumandangkan, yang digunakan Pengeras Suara Dalam.
  • Waktu Salat Jumat:

  • Sebelum azan pada waktunya, pembacaan Al-Qur'an atau selawat/tarhim dapat menggunakan Pengeras Suara Luar dalam jangka waktu paling lama 10 (sepuluh) menit.
  • Penyampaian pengumuman mengenai petugas Jum'at, hasil infak sedekah, pelaksanaan Khutbah Jum'at, Salat, zikir, dan doa, menggunakan Pengeras Suara Dalam.

Pengumandangan azan menggunakan Pengeras Suara Luar.
Kegiatan Syiar Ramadan, gema takbir Idul Fitri, Idul Adha, dan Upacara Hari Besar Islam:

  • Penggunaan pengeras suara di bulan Ramadan baik dalam pelaksanaan Salat Tarawih, ceramah/kajian Ramadan, dan tadarrus Al-Qur'an menggunakan Pengeras Suara Dalam.
  • Takbir pada tanggal 1 Syawal/10 Zulhijjah di masjid/musala dapat dilakukan dengan menggunakan Pengeras Suara Luar sampai dengan pukul 22.00 waktu setempat dan dapat dilanjutkan dengan Pengeras Suara Dalam.
  • Pelaksanaan Salat Idul Fitri dan Idul Adha dapat dilakukan dengan menggunakan Pengeras Suara Luar.
  • Takbir Idul Adha di hari Tasyrik pada tanggal 11 sampai dengan 13 Zulhijjah dapat dikumandangkan setelah pelaksanaan Salat Rawatib secara berturut-turut dengan menggunakan Pengeras Suara Dalam.
  • Upacara Peringatan Hari Besar Islam atau pengajian menggunakan Pengeras Suara Dalam, kecuali apabila pengunjung tablig melimpah ke luar arena masjid/musala dapat menggunakan Pengeras Suara Luar.

Lampiran SE Menag Tentang Penggunaan Pengeras Suara

Berikut ini lampiran isi Surat Edaran Menteri Agama tentang Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala selama bulan Ramadan:

Surat Edaran Menag Imbau Sholat Tarawih Gunakan Speaker dalam Masjid

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya