Tim SAR Evakuasi 200 Warga Korban Banjir di Semarang

Tim SAR evakuasi warga korban banjir di Semarang
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Semarang – Cuaca ekstrem berupa hujan deras yang cukup lama menyebabkan banjir yang luas di Kota Semarang. Banjir besar itu mengakibatkan warga terdampak harus mengungsi.

Kemalangan di Gaza, Warga Palestina Minum Air Tidak Layak Konsumsi

Tim Basarnas Semarang bersama tim lain yang tergabung dalam SAR gabungan terus berjibaku untuk mengevakuasi warga yang terjebak. Terutama anak-anak, wanita, serta orang sakit.

Basarnas Semarang yang mengirimkan 3 tim lengkap dengan perahu karet, serta truk angkut personel mengevakuasi warga yang kebanjiran.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

"Banyak permintaan yang masuk ke kami untuk dievakuasi, terutama lansia dan juga anak-anak balita sehingga kami terjunkan 3 tim untuk melakukan evakuasi," jelas Kepala Basarnas Semarang Budiono di Semarang, Jumat (15/3/24).

Banjir di Kota Lama Semarang

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno
Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Ia menambahkan, tim bergabung dengan potensi SAR lain untuk mengevakuasi warga, seperti di Mangkang, Genuk, Muktiharjo Kidul dan Tlogosari Kulon yang terendam cukup parah.

Tercatat hingga Jumat (15/3/24) tim SAR sudah mengevakuasi 200 orang dari beberapa titik. Angka tersebut masih bisa bertambah mengingat ada juga warga yang melakukan evakuasi mandiri dan juga beberapa titik berhasil dievakuasi oleh tim SAR lainnya.

Saat ini banjir sudah mulai surut karena intensitas hujan mulai turun dan beberapa warga yang sempat mengungsi sudah kembali ke rumah mereka masing-masing. Namun, di beberapa titik yang sempat terlanda banjir parah masih tergenang air cukup tinggi.

Ruas jalan Kaligawe juga masih tergenang cukup tinggi sehingga belum bisa dilalui segala jenis kendaraan dan kemacetan jalur pantura Semarang tak terelakkan. Hal ini karena hujan masih sesekali turun terkadang dengan intensitas tinggi.

Perkiraan BMKG Semarang, masih akan dilanda hujan dengan curah yang cukup tinggi hingga pekan depan sehingga diharapkan warga Semarang untuk tetap waspada.

"Bila butuh bantuan silakan hubungi Basarnas di nomor (024) 115 atau 7629192. Pelayanan operasi SAR gratis," kata Budiono. (Teguh Joko Sutrisno/Semarang)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya