Terpopuler: Turki Operasi Militer ke Irak, Caleg Nasdem Mundur hingga Rekapitulasi KPU

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Turki (TSK)
Sumber :
  • egypttoday.com

Round Up – Berita mengenai Turki yang akan mempersiapkan operasi masif untuk mengirimkan militernya ke Irak Utara dan Suriah menjadi berita terpopuler VIVA.co.id kanal news. Operasi militer untuk melawan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan Unit Pertahanan Rakyat (YPG) yang dilarang di kedua negara tersebut.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Lalu berita terpopuler lainnya soal calon anggota legislatif (caleg) dari partai Nasdem daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengundurkan diri bernama Ratu Ngadu Bonu Wulla. Padahal Ratu lolos ke DPR RI dengan suara terbanyak.

Selanjutnya ada berita pengalihan arus lalu lintas imbas perbaikan jembatan comal di Pemalang, Jawa Tengah. Proses perbaikan Jembatan Comal sisi utara, membuat jalur yang menghubungkan pantura dari arah barat ke timur di tutup sementara.

Berita terpopuler lainnya datang dari hasil rekapitulasi suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terkait Pilpres 2024. Sebanyak 31 provinsi sudah rampung rekapitulasi suaranya. Hasilnya pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di 29 provinsi. Sementara pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menang di 2 provinsi. Pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD nihil kemenangan.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Terakhir ada berita dari Dubes Ukraina untuk RI yang menyebut Rusia berbohong soal adanya 10 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi tentara bayaran.

Lima berita terpopuler di atas sepanjang Sabtu, 16 Maret 2024 bisa anda baca kembali dan sudah terangkum dalam round up:

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

​1. Turki Akan Melancarkan Operasi Militer Melawan Irak Bulan Ini, Ada Apa?

Ilustrasi militer Turki

Photo :
  • X

Angkatan Bersenjata Republik Turki (TSK) telah mempersiapkan operasi masif untuk mengirimkan militernya ke Irak Utara dan Suriah untuk melawan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan Unit Pertahanan Rakyat (YPG) yang dilarang di kedua negara tersebut setelah pemilihan lokal pada 31 Maret, menurut laporan media negara Turki T24.

Sumber tersebut mengatakan Turki akan menargetkan kelompok bersenjata Kurdi dengan serangkaian operasi.

Sejak akhir tahun lalu, Turki telah kehilangan puluhan tentara akibat serangan PKK terhadap pos-pos terdepan Turki di daerah perbatasan pegunungan Irak utara. Kematian tersebut telah memicu kontroversi dalam negeri dan pengawasan terhadap efektivitas taktik Turki.

Baca selengkapnya di sini

​2. Caleg Nasdem NTT Mundur Usai Dapat Suara Tertinggi, KPU Ungkit Aturan Main

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari

Photo :
  • Tangkapan layar KPU

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari mengatakan calon anggota legislatif (caleg) terpilih yang mengundurkan diri wajib memberikan surat pengunduran dirinya.

Surat itu kata Hasyim, harus diajukan sebelum penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengesahan penetapan keseluruhan hasil penghitungan suara pemilihan umum untuk DPR RI, DPRD I, dan DPRD II secara nasional.

Hal itu disampaikan Hasyim merespons pengunduran diri Ratu Ngadu Bonu Wulla. Ratu Ngadu adalah caleg Partai Nasdem Nomor urut 5 Daerah Pemilihan NTT II yang mestinya lolos ke DPR RI di Pemilu 2024.

Baca selengkapnya di sini

​3. Jembatan Comal Pemalang Diperbaiki, Simak Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

Jembatan Comal Pemalang diperbaiki

Photo :
  • tvOne/Mohammad Hamzah Sodiq

Proses perbaikan Jembatan Comal sisi utara, membuat jalur yang menghubungkan pantura dari arah barat ke timur di tutup sementara. Untuk mengatasi kemacetan yang timbul dari penutupan jalur itu, Polres Pemalang memberlakukan pengalihan arus lalu lintas.

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya mengatakan, kendaraan sumbu tiga dari arah barat atau dari Kabupaten Tegal dialihkan melalui jalur tol, dan diarahkan untuk masuk tol melalui Exit Gandulan.

“Sedangkan kendaraan sumbu tiga dari arah timur atau dari Kabupaten Batang, sudah kita koordinasikan dengan pihak terkait untuk dialihkan melalui jalur tol, dan diarahkan masuk melalui Exit tol Kota Pekalongan,” kata Kapolres Pemalang.

Baca selengkapnya di sini

​4. Rekapitulasi KPU: Prabowo-Gibran Menang di 29 Provinsi, AMIN 2, Ganjar-Mahfud Nihil

Pidato Prabowo-Gibran Mengawal Suara Rakyat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merampungkan dan mengesahkan rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2024 tingkat nasional di 31 dari 38 provinsi Indonesia, Jumat, 15 Maret 2024.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendominasi dengan unggul di 29 provinsi dan meraup 74,9 juta suara atau tepatnya 74.998.973 suara.

Sementara, capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berada di urutan kedua dengan menang di dua provinsi dan meraih 30.602.884 suara. Kemudian, capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berada di urutan buncit dengan mendapatkan 22.965.031 suara.

Baca selengkapnya di sini

​5. Dubes Ukraina Sebut Rusia Pembohong soal 10 WNI Jadi Tentara Bayaran

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin

Photo :
  • VIVA / Wafa

Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk RI, Vasyl Hamianin, menanggapi adanya klaim Rusia yang menyebut 10 warga negara Indonesia (WNI) menjadi tentara bayaran untuk militer Ukraina.

Vasyl menegaskan bahwa klaim tersebut tidak berdasar dan merupakan berita bohong.

"Rusia membuka mulut hanya untuk melontarkan kebohongan," kata Vasyl kepada wartawan, Jumat, 15 Maret 2024.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya