Jelang Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pemilu 2024 Polri Jelaskan Situasi Keamanannya

Kabaharkam Komjen Pol Fadil Imran
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Jakarta – Berdasarkan jadwal, pengumuman hasil rekapitulasi tingkat nasional suara untuk Pemilu 2024, akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU pada 20 Maret 2024. Jelang pengumuman tersebut, Polri memberi gambaran seperti apa situasi dan kondisi di Tanah Air.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Kabaharkam Polri, Komjen Fadil Imran, mengatakan hingga saat ini, jelang KPU mengumumkan hasil rekapitulasi tingkat nasional, kondisi di Indonesia aman terkendali.

"Situasi sampai dengan saat berdasarkan laporan yang kami terima dari jajaran, alhamdulillah situasi kondusif, situasi aman," kata Komjen Fadil Imran, Senin 18 Maret 2024.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Mantan Kapolda Metro Jaya, itu mengatakan saat ini Korps Bhayangkara sedang lebih fokus melakukan pengamanan bulan suci Ramadan hingga pengamanan pada Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 M.

"Polri malah kecenderungannya sekarang untuk fokus juga mengamankan kegiatan masyarakat menghadapi bulan Ramadan yang tentunya nanti akan terjadi arus mudik lebaran," katanya.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Pria yang juga pernah menjabat Kapolda Jawa Timur tersebut mengungkapkan, Polri telah banyak belajar dari situasi pemilu sebelumnya. Baik itu Pemilu 2019, guna melakukan antisipasi terkait dengan kondisi pengamanan.

"Pengalaman tahun 2019 menjadi pelajaran buat kita semua bahwa kita semua harus bersatu menerima apa yang telah menjadi pilihan masyarakat, pilihan rakyat. Sehingga dalam hal yang terkait dengan sengketa kepemiluan ada jalur-jalur penyelesaian sengketa melalui PHPU di MK," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya