KPU Pastikan Belum Umumkan Hasil Pemilu 2024 Malam Hari Ini

Anggota KPU RI August Mellaz
Sumber :
  • KPU

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum menyatakan belum akan mengumumkan dan menetapkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 pada hari ini, Senin, 18 Maret 2024. Sebab, pihaknya masih akan melakukan proses rekapitulasi penghitungan suara dari 3 provinsi yakni Maluku, Papua, Papua Pegunungan pada Selasa besok, 19 Maret 2024.

Prabowo Pastikan Tak Ada Waktu Terbuang Sia-sia selama Masa Transisi Pemerintahan

"Untuk rekapitulasi, kan kita masih fokus ke sana. Jadi kalau penetapan nasionalnya belum untuk hari ini ya," kata anggota KPU RI, August Mellaz, kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2024. 

Mellaz menyadari, terdapat dinamika selama proses rekapitulasi daerah berlangsung yang membuat rekapitulasi di pusat menjadi terhambat. Meski begitu, dia menegaskan rekapitulasi tiga provinsi tersebut sudah selesai dan tinggal di bawa ke Jakarta. 

Prabowo Temui Lawan Politiknya dalam Pilpres Upaya Luar Biasa, Menurut PAN

“(Kendala) Teknis saja. Kalau yang di Jawa Barat kan dijadwalkan pagi ini tapi karena ada proses pencermatan yang dilakukan makanya dijadwalkan lagi malam nanti,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menetapkan pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka meraih suara terbanyak dalam pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Tidak Akan Ada Guncangan Politik dalam Transisi Jokowi kepada Prabowo, Menurut PAN

Hal itu disahkan Hasyim berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil suara Pemilu 2024 wilayah luar negeri yang digelar di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2024. 

"Bisa kita sahkan ya? Bismillah sah," ucap Hasyim saat melakukan pengesahan di Kantor KPU RI. 

Hasil rekapitulasi di Kuala Lumpur, Malaysia itu dibacakan langsung anggota KPU RI, Idham Holik. Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan suara terbanyak yakni 6.266.

Kemudian, pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) berada di posisi kedua. Keduanya memperoleh suara 4.674. Ganjar Pranowo – Mahfud MD pasangan nomor urut 3 itu berada di posisi terakhir dengan raihan 1.134 suara. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya